Kamis, 16 Mei 2013

Tips Menyusun Rencana Bisnis (Bisnis Plan)






Tips menyusun rencana bisnis (bisnis plan)
1. Singkat dan padat
Artinya bisnis plan bukanlah artikel, bukanlah narasi, bisnis plan adalah proposal maka harus dibuat secara singkat dan padat
2. Teroganisir dengan penampilan yang menarik
3. Rencana harus menjanjikan
4. Hindari untuk melebih-lebihkan proyeksi
Artinya anda tidak boleh membuat bisnis plan itu seakan-akan untungnya dibesar-besarkan dan modalnya dibuat sekecil-kecilnya kalau anda melakukan ini, investor juga akan bisa menilai anda ini main-main, anda tidak sungguh-sungguh anda tidak punya pengalaman. Jadi realistis saja.
5. Kemukakan sebuah resiko bisnis yang signifikan
Artinya poinya disini anda harus jujur karena anda tidak akan bisa menutupi sebuah resiko, kemukakan semua resiko, dan yakinkan bahwa kita punya cara yang efektif untuk mencegah terjadinya resiko. Kita punya antisipasi yang mantap dan kuat supaya resiko itu tidak terjadi dan tidak kita alami. Jangan pernah menutupi sebuah resiko. Jadi investor merasa tidak dibohongi jika terjadi sebuah resiko misalkan ketika kita bangkrut atau gagal. Jadi kalau kita jujur investor juga tahu resikonya seperti apa karena sudah terjadi kesepakatan sehingga investor juga mengerti ketika berinvestasi dengan resiko yang mungkin akan dialami. Ini pentingnya kita mengemukakan sebuah resiko.
6. Tim yang terpercaya dan efektif
7. Focus
8. Tentukan target pasar
Artinya target pasar harus jelas tidak diawang-awang. Misalkan begini pokoknya seluruh Indonesia akan kita jangkau. Iya seluruh Indonesia siapa? Pokonya seluruh anak muda, anak muda yang mana? Jadi harus spesifik.


pustaka:
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/05/15/tips-menyusun-rencana-bisnis-bisnis-plan-556565.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar