Senin, 20 Mei 2013

Menggali Ide Peluang Usaha di Sekitar Kita



Ketika seeorang ingin membuka bisnis usaha yang baru tidak sedikit yang mengalami kendala yaitu masih bingung jenis peluang usaha apa yang akan mereka ambil. Apa yang cocok dengan mereka terkadang malah menjadi sebuah pertanyaan yang berputar-putar tidak ada titik temu solusinya. Hak tersebut memang wajar dan banyak ditemui di lingkungan sekitar kita ketika seseorang merasa buntu dan bingung untuk mengambil inisiatif ide bisnis usaha apa yang akan mereka ambil dan jalankan. Namun sebenarnya banyak sekali hal yang bisa kita lakukan jika kita mau menyadarinya. Sesuatu yang kecilpun bisa menjadi ide usaha yang bisa dijalankan dan profitable tentunya. Melalui tulisan ini saya mencoba memberikan sedikit tips bagaimana kita bisa menemukan ide bisnis yang sebenarnya dekat dengan kita.
Darimana Peluang Usaha Itu Datang ?
Sebelum membahas lebih jauh bagaimana kita menemukan ide-ide yang bisa kita manfaatkan perlu kita ketahui bahwa banyak fasilitas yang ada disekitar kita yang memungkinkan mempermudah kita untuk menemukan ide peluang bisnis tersebut, Jadi sebaiknya kita bisa memanfaatkan sesuatu yang ada disekitar kita yang sebenarnya bisa membantu kita lebih mudah untuk menemukan jenis bisnis yang akan kita ambil. Ada beberapa hal yang bisa kita manfaatkan diantaranya adalah :
  1. Internet : Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kemajuan teknologi turut membawa dampak yang cukup besar bari dunis industri usaha di tanah air dan melalui media internet ini anda bisa saja mencari berbagai informasi mengenai jenis peluang bisnis apa saja yang bisa anda manfaatkan. Internet bukan hanya menjadi media jejaring sosial namun lebih dalam dari itu kita bisa menjalin relasi melalui milinglost atau media social itu sendiri dalam mencari informasi jenis usaha yang sekiranya bisa kita ambil.
  2. Toko Buku : Apa anda sering bermain ke toko buku? sekedar hanya membaca saja atau memang ingin membeli sebuah buku yang anda inginkan?. Terlepas dari itu bahwa dengan berkunjung ke sebuah toko buku ktita bisa mencari banyak informasi mengenai jenis peluang usaha apa saja yang bisa kita jalankan. Sudah sangat banyak buku-buku yang bertema enterpreunership yang membahas berbagai macam aneka bisnis usaha dari skala kecil menengah bahkan hingga bisnis yang mempunyai kesempatan tumbuh besar. Jangan bosan untuk berkunjung ke toko buku karena disana sangat banyak referensi yang bisa anda manfaatkan. Dengan membeli sebuah buku yang harganya cukup terjangkau terkadang anda sudah bisa memiliki ratusan informasi seputar ide bisnis usaha.
  3. Relasi dan Pengalaman Orang Lain : Memabngun neteorking atau relasi pertemanan dan juga persahabatan akan membuat anda memiliki pandangan yang lebih luas terhadap sesuatu hal yang terkadang diluar pikiran anda. Cara pikir antara orang satu dengan yang lainnya tentu saja terkadang tidak sama dan ini sebaiknya kita manfaatkan untuk saling berbagai informasi dan juga pengalaman untuk kita bisa menemukan ide-ide bisnis yang bisa kita manfaatkan suatu saat nanti. Apalagi jika kita melihat, mendengar dan diceritakan dari orang yang sudah mengalami suka duka dalam berbisnis maka kita akan lebih mudah lagi dalam menggali ide usaha mengingat pengalaman seseorang bisa menjadi salah satu referensi yang berharga bagi kita semua. Jadi relasi dan juga pengalaman dengan orang lain sebaiknya kita jaga dan manfaatkan sebaik mungkin.
Ketiga hal sederhana diatas saya rasa sudah bisa menjadi bahan pertimbangan buat kita untuk bisa menemukan berbagai jenis ide usaha yang bisa kita manfaatkan. Terkadang memang kita tidak menyadarinya atau ada orang yang malas untuk berjalan maju kedepan, namun jika tidak sekarang mau kapan lagi? walau pelan tetaplah berjalan kedepan dan fokus dalam menggali ide peluang usaha karena sebenarnya sangat banyak yang bisa kita manfaatkan mulai dari produksi barang, atau sebagai perantara makelar/marketing bahkan sebagai konsultan bagi perusahaan orang lain, sangat banyak sesungguhnya jenis usaha bisnis yang bisa kita ambil.
Modal Usaha Dari Mana?
Setelah kita mendapatkan sebuah ide bisnis maka langkah selanjutnya tentu saja modal usaha, banyak yang berhenti di step ini, karena berbagai hal dan sebab yang sebenarnya bisa kita siasati supaya kita tetap move on kedepan dan terus berupaya untuk mewujudkan peluang bisnis yang sudah kita ambil tersebut. Ada beberapa langkah sebenarny amengenai modal usaha ini, namun kita juga harus melihat jenis bisnis yang akan kita jalankan, misalnya bisnis jasa saya rasa modalpun tidak terlalu besar, kemampuan dan keahlian kitalah yang menjadi modal utama di bidang ini. Lain lagi jika usaha nya adalah memprodksi suatu produk dan akan dijual ke pasaran maka tentu saja modal tempat, modal bahan baku dan juga modal marketing menjadi penting dan ini yang terkadang menjadi penyebab berhentinya rencana usaha karena tidak memiliki modal secara finansial disini. Hal ini bisa kita siasaati dengan mengajak kerjasama seorang investor untuk membiayai usaha kita tersebut dengan catatan bahwa bisnis usaha yang akan dijalankan itu juga menarik secara bisnis profit buat calon investornya, maka dari itu carilah ide usaha yang unik danmenarik serta profitable.
Kesimpulan Akhir
Dan kesimpulan di akhir tulisan ini adalah bahwa sebenarnya untuk mendapatkan ide peluang usaha itu tidaklah sulit dan bisa kita dapatkan dengan bantuan sarana dan prasarana yang sudah ada disekitar kita. Lalu untuk modalpun juga tidak usah bingung, kreatifitas dan juga keuletan dalam berbisnis menjadi modal utama ketika kita ingin membangun bisnis sendiri.
Demikian sedikit tulisan mengani bagaimana cara kita menggali ide bisnis usaha, dan jika anda ingin mengetahui lebih banyak lagi jenis-jenis peluang bisnis usaha yang ada dikseitar kita bisa anda kunjungi blog nekat usaha klik disini Ulasan 200+ Jenis Peluang Usaha Dan Bisnis

pustaka:
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/05/21/menggali-ide-peluang-usaha-di-sekitar-kita-561973.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar