Senin, 27 Mei 2013

Ciri-ciri Anda Berbakat Menjadi Wirausaha




Gratisan Musik

by.SPED

Assalamualaikum..
Ini adalah postingan pertama saya di Kompasiana.com, jadi salam kenal ya buat semua :)

Yang saya ingin posting kali ini adalah bagaimana kita agar bisa mengenali ciri atau tanda-tanda diri kita bisa menjadi seorang pengusaha, atau bahasa kerennya ENTREPRENEURSHIP atau yang males ngomong inggris adalah WIRAUSAHAWAN.  Judul yang saya ambil adalah “CIRI-CIRI ANDA BERBAKAT MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN”. Mengapa saya mengambil judul seperti itu? Ya, sebenarnya judul tersebut lebih seperti pertanyaan kepada diri kita masing-masing, kenalkah kita kepada diri kita sendiri? Apakah kita memiliki salah satu atau seluruh dari ciri-ciri tersebut? Nah, semua ciri atau tanda itu akan saya beberkan satu persatu. Sedikit fakta unik bagi saya pribadi, perempuan sebenarnya memiliki kemampuan yang sama dengan laki-laki dalam berisnis. Yang perlu diperhatikan adalah memilih bisnis yang cocok dengan karaktek diri kita masing-masing. Terlebih dulu anda mengenali hobi dan minat anda, karena sesuatu yang dilakukan dengan senang atau enjoy dan tidak merasa terbebani dengan apa yang dilakukan tentu akan bertahan dan berkembang pesat.

Selain itu, anda perlu meyakini bahwa anda memang sudah siap berbisnis. Indayati Oetomo, International Director John Robert Power, menjelaskan hal-hal yang merupakan petunjuk atau tanda bahwa anda sudah siap berbisnis, yakni :
  1. Saat anda melakukan suatu pekerjaan dan anda tidak cepat merasa lelah atau bosan, mungkin itulah bisnis yang tepat untuk anda.
  2. Anda melakukan bisnis karena anda suka dan mampu dan bukan hanya ikut-ikutan tren. Akan lebih baik kalau bisnis yang anda lakukan merupakan joint bersama teman, kalau anda baru mau memulai bisnis anda.
  3. Anda menjalankan bisnis yang berbasis hobi yang anda minati. Karena lebih bisa berkembang dan berinovasi. Anda tidak akan pernah merasas ‘lelah’ untuk mencari hal-hal baru.
  4. Anda sudah memahami apa objektif anda dalam berbisnis. Apakah sekedar untuk ‘membunuh’ (menghilangkan kebosanan disaat menganggur) waktu, atau tuntutan ekonomi (membantu pasangan atau ekonomi keluarga), atau juga karena anda ingin berkarir.
  5. Anda sangat percaya diri, sebab seseorang yang insecure (tidak pernah puas atau bangga dengan diri sendiri) akan menjadi hambatan dalam usaha. Bisa jadi saat ada sedikit terpaan dalam bisnis anda , anda akan cepat menyerah.
  6. Anda berani mengambil resiko dalam berbisnis, meskipun ada potensi untuk gagal atau menerima kekalahan. Namun jangan hanya pasrah menenrima kegagalan anda, tetapi siapkan juga sebuah atau beberapa rencana cadangan agar bisa cepat kita atasi.
  7. Anda selalu mencermati keadaan pasar dengan terus meriset dan ikut serta dalam diskusi, pameran, seminar dan yang lainnya. Anda rajin memerluas networking dan menambah pengalaman.
  8. Fleksibel dan tidak takut dalam mengambil keputusan. Dalam dunia bisnis, keputusan bisa berubah dalam hitungan menit, bahkan juga detik, So? Beaware?!
Sekian kiranya yang bisa saya share kali ini. Kurangnya saya harap maklum yah, this is my first time write an articel in here :). Terima kasih

Wassalamualaikum…
sumber : http://www.ngeramal.com/2010/09/tanda-tanda-anda-berbakat-untuk-menjdai.html
“kunjungi juga blog saya yah, opandroid1993.blogspot.com.”
..........................................................................ii...........................................................................
pustaka:
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/05/27/ciri-ciri-anda-berbakat-menjadi-wirausaha-563776.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar