Sabtu, 25 Mei 2013

Memanfaatkan Peluang Usaha dengan Modal Kecil



Bagi sebagian orang, modal materiil adalah masalah yang sering menghambat keinginan untuk membuka usaha. Dan tidak jarang orang akhirnya memutuskan untuk menghentikan niatnya untuk menjalankan sebuah usaha karena modalnya tidak cukup untuk memulai, walaupun peluang usaha itu cukup potensial. Aapakah Anda adalah salah satu orang yang pernah mengalami hal ini?
Bagi seseorang yang punya jiwa entrepreneur yang tinggi, masalah modal materiil adalah sebuah tantangan bukan sebuah halangan. Faktanya, modal terpenting dalam menjalankan sebuah usaha bukanlah modal materiil tapi modal lain, seperti; motivasi, tekad yang kuat, pengetahuan tentang bisnis, dan lain-lain. Kekurangan modal sebenarnya bisa diakali dengan berbagai cara, misalnya dengan menjalankan bisnis dengan cara join venture, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar di awal.
Selain itu, untuk calon pengusaha yang memiliki modal materiil yang minim, kita bisa menjalankan jenis peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Mungkin kita berpikir bahwa modal dengan modal yang minim maka keuntungannya juga akan kecil. Tidak selalu seperti itu. Ada banyak orang yang sukses menjalankan usaha dengan modal kecil dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar sehingga dia bisa membangun usaha yang lebih besar lagi.
Berikut ini adalah beberapa peluang usaha dengan modal kecil yang bisa kita kerjakan dari rumah:
1. Menjual Kue/ Camilan
Masyarakat Indonesia terkenal sangat suka makan camilan seperti kue-kue, gorengan, dan camilan lainnya. Ini adalah peluang usaha dengan modal kecil yang cukup potensial saat ini. Bagi seseorang yang memiliki keahlian dalam membuat kue atau camilan maka Anda harus mencoba peluang usaha ini.
2. Membuka Les Private
Cukup banyak orang yang membutuhkan les private untuk keterampilan tertentu, misalnya seperti bermain alat musik Gitar, Piano, Terompet, dan alat musik lainnya. Bila Anda memiliki keahlian khusus dalam memainkan sebuah alat musik, mungkin Anda mau mencoba menjalankan peluang usaha ini.
Selain les private untuk bermain alat musik, banyak juga orang tua yang mencari guru pengajar private bagi anak mereka yang punya masalah dalam pelajaran di sekolah, misalnya pelajaran matematika atau bahasa Inggris. Nah, ini bisa juga dijadikan usaha sampingan disela-sela kesibukan sehari-hari.
3. Berbisnis Online
Berbisnis online adalah salah satu peluang usaha dengan modal kecil yang bisa dikerjakan setiap orang. Saat ini pengguna internet di Indonesia sudah semakin banyak, dan akan terus bertambah dari hari ke hari. Tentu saja kita bisa memanfaatkan internet sebagai media promosi atau media untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih banyak lagi.
Beberapa model bisnis online yang banyak dijalankan orang adalah; membuat toko online, memberikan space iklan di blog, dan lain-lain. Bisnis online bisa dikerjakan dengan gratis dan juga dengan berbayar. Salah satu berbisnis online dengan cara gratis adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti twitter, facebook, dan juga fasilitas membuat website gratis dari berbagai platform. Namun, jika Anda ingin serius berbisnis online, saya pribadi lebih menyarankan untuk membangun brand Anda dengan membuat website dengan nama domain Anda sendiri tanpa menumpang dengan fasilitas yang disediakan penyedia web gratisan.
Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak sekali peluang usaha dengan modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah. Namun, sebelum menjalankan sebuah bisnis, walaupun itu hanya dengan modal yang kecil, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan terencana agar hasil yang akan didapatkan lebih maksimal. Memanfaatkan media online untuk berpromosi adalah langkah yang sangat baik, pertimbangkan juga untuk menggunakan media sosial dan forum-forum yang ada untuk membantu promosi bisnis Anda. Semoga sukses!

pustaka:
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/05/25/memanfaatkan-peluang-usaha-dengan-modal-kecil-559053.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar