Kamis, 23 Mei 2013

Proyeksi Masa Depan



Seorang business-planner berkeinginan untuk mengetahui prospek dari business venture baru, dia akan merancang proyeksi pendapatan dan biaya selama lima tahun untuk menghitung ROI (return on investment). Pertimbangan pertama adalah membut SWOT Analysis sebagai dasar dan acuan membuat rancangan anggaran biaya.
Kedua adalah memperkirakan persentase kenaikan biaya tiap tahun, disini memakai rumusan general trade practice dan general accounting principle (hukum perdagangan yang berlaku dan hukum akuntansi yang berlaku).
Ketiga adalah menetapkan harga jual produk/jasa dan kenaikan tiap tahun (selama 5 tahun), jika biaya naik 30% tiap tahun, perkiraan harga jual produk hanya naik maksimal 10%.
Apa yang ingin disampaikan disini? Saya memproyeksikan masa depan Indonesia dengan situasi saat ini, apakah akan membaik atau tambah memburuk dan faktornya apa saja.
Saya memproyeksikan diri saya dari apa yang saya lakukan saat ini, apakah saya akan berkembang atau stagnan dan faktornya apa saja.
Apakah trend di masa depan? Sedang kebutuhan semua orang adalah (1) energy, (2) clean water, (3) food.  Saya menyiapkan diri untuk masa depan dengan lingkungan dan lingkaran teman yang peduli lingkungan dan turut mempromosikan aktivitas ramah-lingkungan beserta kegiatan membudidayakan tanam-menanam di tempat sendiri.  Satu eksperimen adalah menanam cabei, bawang merah dan bawang putih di polybag.
Rencana lain adalah berkeluarga, dalam tahun ini sudah harus kelar atau pasti bertunangan dengan seseorang agar kami bisa melangsungkan nikah di tahun depan. Oleh sebab itu, saya harus merancang usaha dan satu-satunya yang mendukung kebebasan saya adalah “mandala” sekaligus memberikan proyeksi penghasilan yang “unlimited” karena saya adalah satu-satunya sumber ilmu mandala, agak sedikit bisa memonopoli market dan variasi produk dari mandala sangat beragam dari cetakan, kain, desain interior, program spa, theme hotel dan lain-lainnya. Pasar yang bersedia adalah all-market.
Ya, sementara waktu menyiapkan program mandala di blog akan dijadikan website resmi (.com) plus menunggu tim dari Australia datang untuk membahas proyek buku kedua.  Time-frame pelaksanaan adalah tahun ini.
Oh, what a wonderful world! I don’t have anything to do with anger and danger because I’ve my life-plans well sorted out.  I should be so thankful… and peaceful. I can share my talent and love with those people who are surely needing it. NS

pustaka:
http://fiksi.kompasiana.com/cermin/2013/05/24/proyeksi-masa-depan--562548.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar