Sabtu, 18 Mei 2013

Entrpreneurship adalah Ketrampilan Mental



Entrepreneurship adalah sebuah gugusan ketrampilan mental yang hanya dapat diperoleh melalui latihan jangka panjang dan intensif layaknya seorang atlit yang akan bertanding di Olympiade. Gugusan ketrampilan mental yang harus diperoleh dengan berlatih tersebut adalah:
1. Mental yang cocok, memberi dengan ikhlas. Manusia yang disukai untuk diikuti adalah manusia yang gemar memberi dengan tulus, memenuhi kebutuhan orang lain. sesuai dengan kemampuannya. Makin besar kemampuan, makin besar nilai pemberian. Kemampuan yang besar hanya didapatkan dari berlatih
2. Problem solving, Solusi terhadap problem, merupakan hadiah yang bernilai tinggi sebagai pemberian. Latihan menemukan solusi buat orang lain, bertujuan disamping untuk mendapatkan ketrampilan, juga ilmu, dan jaring perkawanan.
3. Inovasi, latihan penerapan solusi problem dalam kagiatan rancangan sendiri untuk mendapatkan ktrampilan kreatif.
4. Jualan ide, melatih seni meyakinkan orang agar gagasan kita dapat diterima,
4. Management; berlatih memotivasi orang melalui prosedur baku yang ilmiah
5. Kaderisasi, Mengembangkan kemampuan karyawan dengan bekerja sambil meneliti  dengan menggunakan unit usaha sebagai laboratorium, sehingga akan melahirkan kader kader baru yang hebat
Setiap kemampuan ada aspek ilmu dan ada aspek seniya. Tulisan ini hanya sebagai ilmu tantang bagaimana memiliki entrepreneurship. Prakteknya untuk memperoleh aspek seninya, akan berupa skim skim dalam pelaksanaann setiap latihan ketrampilan. yang unik, mudah dan menarik untuk dilaksanakan. Sayang aspek seninya ini sangat luas sehingga tidak muat dalam sebuah tulisan terbatas seperti ini. Namun bila dibutuhkan bisa disediakan dalam bentuk lebih serius, layaknya seperti  pelatihan ketrampilan lainnya.

pustaka:
 http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/05/14/entrpreneurship-adalah-ketrampilan-mental-556029.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar