Sabtu, 11 Mei 2013

cara menyusun strategi manajemen SDM




Apapun yang terjadi ,jangan pernah berhenti tuk melangkah ;)
.........................................

Manajemen SDM merupakan cara dalam mengatur hubungan dan peranan sumber daya dalam hal ini tenaga kerja yang dimiliki oleh individu secara lebih efisien dan efektif , agar dapat digunakan secara lebih maksimal sehingga akan tercapai tujuan bersama dari perusahaan , karyawan serta masyarakat menjadi lebih maksimal .

Manajemen SDM didasarkan pada sebuah konsep yakni setiap karyawan adalah manusia , bukan mesin serta bukan semata-mata  menjadi sumber daya dari bisnis

Manajemen SDM menyangkut beberapa hal penting yang terkait dengan upaya-upaya yang berhubungan langsung dengan sumber daya manusia perusahaan , beberapa diantaranya adalah bagaiman upaya perencanaan SDM , penyusunan kedalam tubuh organisasi perusahaan , pengembangan SDM karyawan , pengelolaan terhadap karir karyawan , evaluasi dari kerja , serta upaya pemberian punishment terhadap kompensasi atas kerja yang telah dilakukan.

Ada beberapa hal penting yang menjadi tanggung jawab dalam upaya manajemen SDM tersebut , diantaranya adalah sebagai berikut :

1. upaya perencanaan
upaya perencanaan didalam sebuah manajemen SDM merupakan langkah awal dalam memprediksikan kebutuhan akan SDM,struktur,komposisi dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan faktor lain dengan memperhatikan kondisi ketersediaan tenaga kerja.
Upaya perencanaan  penting dilakukan didalam manajemen SDM agar perusahaan bisa berjalan efektif karna memliki SDM sebagaimana kebutuhan perusahaan.

2. seleksi dan rekrutmen
didalam proses seleksi dan rekrutmen sebagai bagian dari manajemen SDM,selain memilah SDM yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang diharapkan, maka hal lain yang penting untuk diperhatikan saat ini adalah bagaiman kemampuan anda mencari tenaga kerja yang memiliki kompetensi dan kualitas yang baik .

salah satu indikasi kebaikan kerja seorang karyawwan bisa dilihat dari bagaiman kemampuan yang dia miliki dalam mengkombinasikan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi kedalam dunia kerja . dengan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai, maka akan membantu citra dari perusahaan anda dan mampu menjadi modal untuk perusahaan anda bersaing dengan perusahaan lainnya .

3. upaya pelatihan , pengembangan dan apresiasi
hal lain yang sangat penting dilakukan dalam manajemen SDM  adalah upaya yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada pihak karyawan dalam bentuk pelatihan,pengembangan serta apresiasi terhadap kinerja yang telah dilakukan. pelatihan merupakan bagian langkah untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dari SDm perusahaan.

sementara apresiasi merupakan hasil dari evaluasi kerja , dengan adanya pemberian punishment maka diharapkan pihak karyawan akan lebih bersemangat lagi dalam bekerja untuk perusahaan .

4. promosi atau pemindahan
promosi dan pemindahan merupakan bagian dari upaya manajemen SDM agar diperolaeh hasil kerja yang lebih maksimal. terhadap mereka yang memiliki prestasi cukup , maka cukup layak untuk dipromosikan pada posisi yang lebih tinggi .

sementara bagi mereka yang tampak kinerjanya kurang maksimal , maka bisa dilakukan penukaran posisi atau pemindahan agar terwujud kinerja-kinerja yang efektif.

manajemen SDM  pada hakekatnya adalah untuk mewujudkan hubungan yang lebih dinamis antara pihak pemilik dan pengelola perusahaan dengan karyawan, bahwa manusia bukanlah mesin , maka hargailah status manusia seorang karyawan .

pustaka:
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/05/11/cara-menyusun-strategi-manajemen-sdm-558985.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar