Kamis, 26 Desember 2013

catatan2

Spirit Of Wirausaha

Berbicara mengenai dunia wirausaha setiap orang pasti semangat, semangat membahasnya, semangat mendengarnya dan semangat untuk mengerjakannya atau bahasa intrepreneurnya semangat untuk action.
Kenapa kita suka membicarakan tentang dunia wirausaha? Jawabannya sangat simpel karna kita di tuntut eksis mengarungi kehidupan ini. Betapa tidak, setiap apa yang kita butuhkan selalu membutuhkan uang, dan uang tidak datang dengan sendirinya ke kita tanpa kita melalui dunia wirausaha dan berusaha, hanya sebagian kecil orang saja yang memperoleh uang tanpa usaha dan ini di dapatnya tidak selalu dan tidak setiap hari saja, kalau dalam islam di sebut min haitsu laa yah tasib – sesuatu yang datang (rezeki) secara tidak di sangka-sangka.
Disinilah kenapa orang selalu semangat ketika membicarkan dunia wirausaha dan semangat membahasnya serta semangat mendengarnya, mulai dari kalangan remaja dampai orang tua, semuanya mempunyai spirit of wirausaha.
Ada sebagian orang mengatakan semangat saja belum cukup untuk menggapai usaha yang maksimal, pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, karna menurut saya semangat dalam dunia wirausaha itu sangat penting, bahkan lebih penting dari modal wirausaha itu sendiri, banyak di luaran sana orang yang mempunyai modal tapi tidak memiliki semangat sedikitpun untuk memulai usaha, namun kalau kita mempunyai semangat wirausaha walaupun tanpa modal, wirausaha yang kita idam-idamkan akan terwujud dan modal yang sebelumnya tidak kita prioritaskan didapat sangat mudah dengan sendirinya, jadi jika kita mempunyai semangat maka tidak ada kata sulit memulai wirausaha walapun masih belum mempunyai modal sendiri, karna semangat akan memudahkan kita untuk medapatkan modal untuk mendukung kesuksesan wirausaha kita.
Mari kita tanamkan semangat berwirausaha sejak dini, kalau kita masih belum memiliki semangat usaha maka setelah membaca tulisan ini, atau pada saat membaca tulisan ini mulailah dengan menanamkan nilai-nilai semangat berwirausaha, seperti semangat membahas dunia wirausaha, semangat mendengarkan dunia wirausaha dan nantinya akan muncul semangat melakukan dan mengerjakan wirausaha.
Bagaimanakah kita memunculkan semangat berwirausaha tersebut secara konstan dan terus menerus?. Caranya hanya satu bergaul dan berinteraksilah dengan orang-orang yang memiliki semangat, karna dengan berinteraksi dengan mereka-mereka akan memunculkan efek semangat secara alami pada diri kita, seperti pepatah mengatakan “kalau Anda ingin harum, maka berkawanlah dengan penjual parfum…”. Mulai sekarang berinteraksilah dengan orang-orang yang memiliki semangat berwirausaha, bergabunglah di forum-forum wirausaha dan forum-forum bisnis, karna disanalah Anda akan menemukan semangat yang Anda cari, jangan lupa perbanyak membaca artikel dan buku-buku yang berkaitan dengan wirausaha, semakin banyak bergaul maka kita akan bertemu dengan orang-orang yang unggul dalam wirausaha, semakin banyak membaca maka kita akan banyak membuka cakrawala dunia wirausaha.
Setalah semangat itu muncul pada diri kita, maka jangan sekali-kali kita memadamkanya dengan hal-hal negative seperti pesimis dan merasa tidak mampu untuk mewujudkannya, salah satu faktor yang membuat orang-orang semangat tidak lagi semangat dengan apa yang telah ia perjuangkan adalah karna merasa dirinya tidak mampu melanjutkan, merasa pesimis dengan apa yang akan dia kerjakan karna munculnya beberapa masalah, jangan pernah berfikir bahwa masalah yang muncul merupakan kendala kita dalam meraih kesuksesan dalam berwirausaha, cobalah berfikir positif dan anggaplah bahwa permasalahan tersebut merupakan pembelajaran untuk kita dalam merintis usaha agar kemampuan dan insting wirausaha kita terasah.
Kalau mental kita terus menerus di tempa dengan hal-hal yang berkaitan dengan semangat berwirausaha, maka lambat laun kita akan menjadi jiwa-jiwa yang tangguh dalam meraih kebahagiaan untuk keluarga tercinta dengan berwirausaha. Mari kita biasakan semangat membicarakan dunia wirausaha, semangat membahas dunia wirausaha, semangat mendengarkan dunia wirausaha dan semangat mewujudkan wirausaha.

sumber:
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/12/27/spirit-of-wirausaha-621876.html/27/12/2013

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar