Selasa, 24 Desember 2013

catatan2

Manajemen Hidup

“Rencana yang berharga adalah rencana yang mempunyai nilai kegunaan dan bermanfaat, dimana rencana yang dibuat terimplementasikan dengan tindakan nyata, demi suatu tujuan ataupun cita-cita”. (rencana efektif. Alan lakein, Manajemen Waktu)
Dimulai dari rencana yang kecil menuju rencana yang besar. Manusia bebas membuat rencana apapun tentang hidupnya tetapi manusia perlu mengingat tentang kesadaran membuat rencana menjadi kenyataan, dengan mengimplementasikan rencana kedalam tindakan nyata. Mungkin mudah bagi orang-orang yang hidupnya termanajemen karena mereka memulai hidupnya dengan rencana dan mengapresiasikanya demi tujuan dan cita-cita.
Sulit juga bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan manajemen (khususnya manajemen hidup) karena mereka melakukan tindakan tanpa rencana dan tujuan.
Kehidupan adalah sebuah organisasi yang berada dalam diri setiap manusia. Dengan itu manusia wajib mempunyai manajemen hidup yang baik, mulai dari rencana, pembagian jadwal kegiatan sehari-hari, mengimplementasikan terhadap tindakan nyata dan pada akhirnya menilai dan mengevaluasi hasil tindakan.
Apakah hasil tindakan sesuai dengan arah tujuan maupun cita-cita?
Pada dasarnya manusia harus berada dalam posisi jalan menuju tujuan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat mempersingkat waktu untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

sumber:
 http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2013/12/25/manajemen-hidup-619541.html/unduh/25/12/2013

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar