Konsep Dasar yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis
Memiliki bisnis yang dijalankan sendiri agaknya sudah menjadi trend
yang menggembirakan akhir-akhir ini. Banyak bermunculan
pengusaha-pengusaha muda yang kreatif dan penuh semangat, membuat anda
jadi kepikiran, kenapa kita nggak bikin juga?
Banyak jalan menuju roma, kata pepatah lama. Apalagi di jaman informasi
teknologi semaju sekarang, jalan ke Roma bahkan sudah bisa dengan sekali
klik di laptop! Dengan sedikit ketekunan, anda bisa mewujudkan ide-ide
bisnis anda ke berbagai aplikasi siap jual. Banyak juga tenaga handal
yang siap disewa tenaga nya untuk membantu anda mewujudkan ide. Tapi
sebelum melangkah kesana, sudahkah kita benar-benar memikirkan, apa
sebenarnya landasan bisnis tersebut.
Dalam melakukan sesuatu, adalah penting untuk tahu, apa landasan
berpikirnya. Sehingga bisnis yang dijalankan tidak melenceng
kemana-mana, alias konsisten dan tahan lama. Guru besar Marketing,
Philip Kotler mengungkapkan bahwa terdapat lima filosofi dasar yang bisa
dipilih dalam menjalankan bisnis anda. Kelima konsep tersebut adalah: production, product, selling, marketing, dan societal marketing.
Berikut ini penjabaran dari konsep-konsep tersebut:
Production : Idenya adalah bahwa konsumen selalu
mencari produk yang tersedia dan terjangkau harganya, sehingga menurut
konsep ini, pebisnis harus fokus pada meningkatkan produksi dan
distribusi yang efisien.
Product : Idenya adalah bahwa konsumen akan memilih
produk yang menawarkan kualitas, performa, dan fitur-fitur yang terbaik,
sehingga menurut konsep ini, pebisnis harus memikirkan tentang
inovasi-inovasi yang mendukung peningkatan kualitas produk.
Selling : Idenya adalah bahwa konsumen tidak akan membeli produk kecuali produk tersebut dipasarkan dan dipromosikan dengan gencar.
Marketing : Filosofi yang meyakini bahwa pencapaian
tujuan bisnis tergantung kepada pemahaman anda akan apa yang dibutuhkan
dan diinginkan oleh target market, sekaligus memenuhinya dengan lebih
baik dari pada para pesaing anda.
Societal marketing : Idenya adalah bahwa
keputusan-keputusan marketing anda harus mempertimbangkan keinginan
konsumen, keperluan perusahaan, juga memerhatikan, apa yang menarik bagi
konsumen maupun masyarakat dalam jangka panjang.
Silahkan pilih salah satu dari kelima konsep dasar diatas sebagai arahan
bisnis anda, sehingga bisnis yang dijalankan memiliki karakter yang
konsisten.
N.B: Saya tidak paham sama sekali soal marketing,
sehingga menulis artikel kecil ini hanya sebagai bentuk keisengan lain
yang dilandasi semangat: Too much how-to will kill you
sumber:
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/12/26/konsep-dasar-yang-perlu-anda-ketahui-sebelum-memulai-bisnis-621616.html/uduh/26/12/2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar