Kamis, 26 Desember 2013

catatan2

Konsep Dasar yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Memiliki bisnis yang dijalankan sendiri agaknya sudah menjadi trend yang menggembirakan akhir-akhir ini. Banyak bermunculan pengusaha-pengusaha muda yang kreatif dan penuh semangat, membuat anda jadi kepikiran, kenapa kita nggak bikin juga?
Banyak jalan menuju roma, kata pepatah lama. Apalagi di jaman informasi teknologi semaju sekarang, jalan ke Roma bahkan sudah bisa dengan sekali klik di laptop! Dengan sedikit ketekunan, anda bisa mewujudkan ide-ide bisnis anda ke berbagai aplikasi siap jual. Banyak juga tenaga handal yang siap disewa tenaga nya untuk membantu anda mewujudkan ide. Tapi sebelum melangkah kesana, sudahkah kita benar-benar memikirkan, apa sebenarnya landasan bisnis tersebut.
Dalam melakukan sesuatu, adalah penting untuk tahu, apa landasan berpikirnya. Sehingga bisnis yang dijalankan tidak melenceng kemana-mana, alias konsisten dan tahan lama. Guru besar Marketing, Philip Kotler mengungkapkan bahwa terdapat lima filosofi dasar yang bisa dipilih dalam menjalankan bisnis anda. Kelima konsep tersebut adalah: production, product, selling, marketing, dan societal marketing.
Berikut ini penjabaran dari konsep-konsep tersebut:
Production : Idenya adalah bahwa konsumen selalu mencari produk yang tersedia dan terjangkau harganya, sehingga menurut konsep ini, pebisnis harus fokus pada meningkatkan produksi dan distribusi yang efisien.
Product : Idenya adalah bahwa konsumen akan memilih produk yang menawarkan kualitas, performa, dan fitur-fitur yang terbaik, sehingga menurut konsep ini, pebisnis harus memikirkan tentang inovasi-inovasi yang mendukung peningkatan kualitas produk.
Selling : Idenya adalah bahwa konsumen tidak akan membeli produk kecuali produk tersebut dipasarkan dan dipromosikan dengan gencar.
Marketing : Filosofi yang meyakini bahwa pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada pemahaman anda akan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh target market, sekaligus memenuhinya dengan lebih baik dari pada para pesaing anda.
Societal marketing : Idenya adalah bahwa keputusan-keputusan marketing anda harus mempertimbangkan keinginan konsumen, keperluan perusahaan, juga memerhatikan, apa yang menarik bagi konsumen maupun masyarakat dalam jangka panjang.
Silahkan pilih salah satu dari kelima konsep dasar diatas sebagai arahan bisnis anda, sehingga bisnis yang dijalankan memiliki karakter yang konsisten.
N.B: Saya tidak paham sama sekali soal marketing, sehingga menulis artikel kecil ini hanya sebagai bentuk keisengan lain yang dilandasi semangat: Too much how-to will kill you

sumber:
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/12/26/konsep-dasar-yang-perlu-anda-ketahui-sebelum-memulai-bisnis-621616.html/uduh/26/12/2013

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar