Selasa, 24 Desember 2013

catatan2

Investasi Emas Menghadapi 2014

Menghadapi tahun 2014 ini, dengan menguatnya nilai dollar dan stabilnya perekonomian Amerika, membuat harga emas drastis turun. Para analisis pasar menilai, minat pembelian investor di bawah angka 1.200 dollar AS khususnya untuk keperluan industri dan sektor perhiasan. Pasar juga memperkirakan emas akan turun terus karena adanya pelonggaran kuantitaf dari Amerika hingga akhir tahun.  Turunnya harga emas, membuat ketertarikan sebagian investor ikut menurun. Padahal turunnya harga emas sekarang ini, merupakan momen yang baik untuk mulai berinvestasi.
Harga emas yang mengalami penurunan merupakan kesempatan besar bagi para investor untuk mulai menyimpan emas sebagai investasi jangka panjang. Sehingga saat harga emas kembali melonjak maka investor bisa melepas emasnya dengan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Jika pemahaman yang tinggi dimiliki para investor dalam investasi emas, maka dipastikan dapat mencapai keuntugan yang melimpah. Emas yang memiliki sifat profitable, membuat produk ini tak pernah redup dikalangan para investor.
Edukasi terhadap bentuk investasi emas harus terus dikembangkan, agar para pemain yang terjun ke dunia investasi memahami bahwa emas dan nilai emas memiliki relasi yang kuat terhadap permintaan pasar. Permintaan emas yang meningkat membuat harga emas mengalami kenaikan, karena itu emas dikatakan terbatas atau suplai yang limited. Kekhawatiran investor terhadap harga emas yang terus merosot di penghujung tahun ini, membuat peminat investasi ini juga menurun. Namun, menurunnya minat investor di akhir tahun ini akan menjadi penyesalan jika tren kenaikan harga emas terjadi lagi.
Momen turunnya harga emas saat ini, justru menjadi saat yang paling baik untuk membeli emas. Sehingga nasib investasi yang satu ini dalam menghadapi tahun 2014, bukan perkara yang sulit apalagi yang ingin berinvestasi untuk jangka panjang. Beberapa perusahaan investasi akan tetap menawarkan produk emas miliknya, bahkan ada beberapa perusahaan asing yang mulai masuk ke Indonesia awal tahun nanti. Hal ini menandakan bahwa investasi dalam bentuk emas saat mengahadapi turunnya nilai emas di akhir tahun, masih menarik perhatian para investor.

sumber:
http://ekonomi.kompasiana.com/moneter/2013/12/24/investasi-emas-menghadapi-2014-622452.html/unduh/25/12/2013

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar