Menjadi Karyawan Hebat
Menurut Gallup Management Journal, terdapat tiga jenis karyawan yaitu :
1. Sungguh-sungguh
(Engaged). Karyawan yang bekerja dengan penuh gairah dan merasa
memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan. Mereka melakukan inovasi
dan membawa organisasi ke depan.
2. Tidak
Sungguh-Sungguh (Disengaged). Karyawan bekerja seadanya sebisanya.
Mereka bekerja sepanjang hari, tetapi tidak mencurahkan energy dan
gairahnya ke dalam pekerjaan.
3. Secara
Aktif Tidak Bersungguh-Sungguh (Actively Disengaged). Karyawan bukan
hanya tidak bahagia di tempat kerja; mereka sibuk untuk mengungkapkan
ketidakbahagiaannya. Setiap hari karyawan ini meremehkan hasil kerja
karyawan yang bersungguh-sungguh.
Jenis mana yang banyak di perusahaan? Survey
rata-rata di dunia menemukan ada 17% yang sungguh-sungguh, 65% tidak
sungguh-sungguh dan 18% yang secara aktif tidak bersungguh-sungguh.
Termasuk tipe manakah Anda? Maukah Anda menjadi karyawan yang hebat,
bersungguh-sungguh?
Perhatikan baik-baik nasehat dari James Gwee ini.
“Kalau Anda mau jadi karyawan hebat, jangan kerjakan apa yang diperintahkan, tapi kerjakanlah sebelum diperintahkan”
Jika Anda mengerjakan apa yang diperintahkan, itu
biasa saja, karena memang seharusnya Anda mengerjakannya. Jika Anda
selesai mengerjakannya juga biasa saja karena memang harus diselesaikan.
Akan jadi luar biasa jika Anda mengerjakan sesuatu sebelum
diperintahkan. Artinya Anda punya inisiatif. Anda peka melihat
permasalahan dan punya kemauan untuk menyampaikan usulan dan melakukan
aksi perbaikan.
Apa yang membuatnya demikian? Karena penuh gairah dan merasa memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan.
Apa yang membuat seseorang bergairah dalam bekerja? Hal ini ditentukan
oleh dua factor yaitu internal dan eksternal. Internal terkait dengan
diri karyawan tersebut yaitu mind set hidup dan passion dia terhadap
pekerjaan. Apa itu mind set? Ini terkait dengan pola pikir apakah
positif atau negative. Apakah winner atau loser. Passion itu terkait
dengan minat yang tinggi dan bakat yang kuat. Cirinya seseorang yang
passion yaitu bekerja dengan flow, atau lupa waktu. Komentarnya “tak
terasa ya sudah sore lagi” karena dia larut dan flow dalam bekerja.
Akibatnya apa yang dikerjakannya memenuhi ciri-ciri 4 E yaitu enjoy,
easy, excellent and earn (productive).
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
sumber:
http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2013/12/25/menjadi-karyawan-hebat-622642.html/unduh/26/12/2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar