Zaman dahulu Di Indonesia melakukan sistem jual-beli usaha perdagangan cara dilakukan dengan tukar menukar barang (barter) yang dilakukannya masyarakat Indonesia.Seiring perkembangan teknologi komunikasi dan zaman muncul lah media konvensional seperti contoh surat kabar, majalah, televisi maupan radio untuk melakukan promosi jual-beli atau melakukan jual-beli lewat media itu sendiri serta juga dapat memperoleh informasi terbaru dari mana saja.
Era Digital teknologi komunikasi semakin canggih terus berkembang, banyak masyarakat kita pun beralih ke new media,media online, internet untuk melakukan usaha perdagangan. Lewat new media,media online, internet untuk melakukan jual-beli usaha perdagangan dan informasi itu sangat cepat, dalam hitungan detik barang/ produk yang kita jual maupun beli mudah kita lihat.
Era digital teknologi komunikasi sangat membawa dampak besar dan banyak manfaat dalam melakukan jual-beli usaha perdagangan dan informasi. manfaat kehadiran era digital teknologi komunikasi dalam melakukan jual-beli usaha perdagangan adalah dapat meluangkan waktu untuk menjalankan usaha jual-beli lewat media online, lebih mudah dan praktis, cepat melakukan promosi kepada khalayak, kapan saja kita menawarkan barang/produk yang di jual maupun dibeli lewat media online, lebih efisien,lebih murah dalam mempromosi barang/produk yang kita ingin jual maupun beli.
Selain dampak besar dan banyak manfaat era digital teknologi komunikasi semakin canggih adapun juga kekurangan/minusnya menjalankan usaha perdagangan lewat media online itu sendiri. berikut kekurangan / minus yang dialami saat melakukan usaha perdagangan lewat media online adalah banyak terjadi kasus penipuan, jaringan koneksi telekomunikasi untuk internet belum memadai dan masih lambat koneksi internetnya serta juga belum menyeluruh ke pelosok nasional Indonesia jaringan koneksi telekomunikasi untuk internet, mahalnya biaya pembuatan jaringan koneksi internet, banyak terjadinya barang/produk salah beli lewat media online, pembobolan kartu kredit lewat digital teknologi komunikasi dll.
kesimpulannya adalah oleh karena itu kehadiran era digital teknologi komunikasi dalam menjalankan usaha perdagangan sebagai produsen harus melihat peluang pasar dan harus bisa mengakses serta menggunakan teknologi komunikasi sebaik mungkin. jangan tergiur iming-iming orang.
pustaka:
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/06/10/melakukan-usaha-perdagangan-di-era-digital-teknologi-komunikasi--563715.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar