Sabtu, 15 Juni 2013

Blue Ocean Strategi (1)



 Blue Ocean Strategi
Allif Lam Mim. Kitab ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yg mau bertaqwa. (QS:2;1-2).
..................






Hidup. Tetap berjalan. Ditotalitas Lingkaran.
...........................
sepii



 

W. Chan Kim dan Renee Mauborgne, menulis "Strategi Samudera Biru (Blue Ocean Strategi) dan Inovasi Nilai. Tulisan ini telah menjadi buah bibir di tahun 2005 hingga saat ini. Dalam tulisan, dikatakan, bahwa: 'Perusahan dapat menjadi lebih sukses dengan pembuatan gerakan strategi "leapfrog" (lompatan katak) atau 'melompat' ke dalam pasar baru bukanya bersaing di dalam pasar yg ada". 

Strategi samudera biru adalah tentang menciptakan ruang pasar yg tak ditentang. Begitu banyak perusahan berenang di dalam samudera merah dari kompetisi berdarah dimana di sana ada ruang terbatas untuk pertumbuhan nyata. Citra dari samudera biru yg luas menyampaikan kemungkinan tidak terbatas untuk pertumbuhan yg menguntungkan melalui strategi ini. 

Konsep 
Konsep terminologi samudera merah dan biru untuk menandakan semesta pasar. Samudera merah merupakan keseluruhan industri yg ada saat ini (hari ini) -diruang pasar yg diketahui. Didalam samudera merah, batasan-batasan industri didefinisikan dan diterima, dan aturan kompetitif dari permainan yg diketahui. Disini perusahan mencoba merebut bagian yg lebih besar dari permintaan yg ada.

Ketika ruang pasar penuh sesak, prospek untuk laba dan pertumbuhan dikurangi. Produk menjadi komoditas, kompetisi bergerak cepat, tajam, menjadi samudera merah yg berdarah. Penyebab inilah di istilahkan dengan samudera 'merah'. Sebaliknya, samudera biru menandakan semua industri yg tidak ada pada saat ini (hari ini)- diruang pasar yg tak diketahui, bersih dengan kompetisi.


Didalam samudera biru, permintaan diciptakan bukanya diperebutkan. Ada banyak kesempatan untuk pertumbuhan yg menguntungkan dan tepat. Didalam samudera biru, kompetisi tidak relevan, sebab ketentuan-tentuan permainan menanti uuntuk diatur.

Samudera biru adalah suatu analogi untuk menguraikan ruang pasar yg lebih luas dan potensial secara mendalam yg belum diselidiki (digarap). Seperti samudera 'biru', itu tidak tersentuh, luas, dan dalam  terminologi pertumbuhan yg menguntungkan.

Strategi samudera biru menyediakan suatu pendekatan sistematis untuk lolos dari samudera merah dari kompetisi 'berdarah' dan membuat kompetisi tidak relevan dengan rekonstruksi batasan-baatasan pasar untuk menciptakan suatu lompatan di dalam nilai bagi perusahaan dan konsumenya (pembeli).

Untuk menghadapi kondisi persaingan industri saat ini, strategi samudera biru melengkapi perusahaan dmelalui kerangka dan piranti analitik untuk menciptakan samudera biru mereka masing masing dari ruang pasar yg tak ditentang (tak ada pesaiing).






Bersambung..

Pustaka:
A.Suryana@Strategi&danPemikiranBisnisEDSAMahkota2006
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar