Marketing pemasaran
merupakan ujung tombak yang sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis.
Keberhasilan pemasaran berarti keberhasilan bisnis. Sebaliknya, kegagalan
pemasaran bermakna kegagalan bisnis. Apalah artinya produk berkualitas, harga
kompetitif, dan peluang pasar terbuka lebar jika semua nilai lebih ini
gagal dipasarkan. Ketika konsumen tidak dapat menangkap nilai lebih sebuah
produk atau jasa akibat kegiatan pemasaran tidak mampu mengemas dan
menyampaikan pesan secara benar, dapat dipastikan tindakan pembelian yang
merupakan tujuan akhir sebuah bisnis tidak akan terjadi.
Sedemikian penting peran
marketing pemasaran dalam menentukan hidup matinya sebuah organisai bisnis.
Oleh karena itu, seluruh kegiatan marketing, yang antara lain meliputi
penentuan desain produk, aktivitas promosi, cara-cara beriklan, penyampaian
produk ke konsumen, komunikasi dengan konsumen, hingga distribusi produk sampai
ke tangan para konsumen, harus dilakukan menggunakan strategi-strategi yang
jitu.
Strategi marketing
pemasaran yang jitu ini harus diterapkan pada semua lini kegiatan marketing,
termasuk aktivitas marketing secara online. Secara umum, kegiatan pemasaran
secara online meliputi hal-hal berikut ini.
1. Presentasi di web atau blog.
2. Kegiatan beriklan dengan menggunakan media banner.
3. Kegiatan promosi melalui email.
4. Kegiatan promosi menggunakan mesin pencari.
5. Kegiatan promosi di jaringan sosial
Untuk mancapai hasil yang
optimal dari sebuah kerja pemasaran, setiap jenis kegiatan pemasaran secara
online harus didukung dengan strategi yang tepat. Sinergi antara suatu jenis
kegiatan pemasaran dengan strategi yang tepat dapat menjadi formula jitu untuk
mencapai keberhasilan.
Berikut adalah
strategi-strategi yang tepat diterapkan pada masing-masing aktivitas pemasaran
online.
1. Presentasi di web atau blog
·
Membuat desain web atau blog semenarik mungkin,
baik dari aspek tata letak, pemilihan warna, gambar, maupun foto atau animasi.
·
Membuat tampilan web atau blog nyaman untuk
mata. Kita tentu sering menjumpai web atau blog yang isinya sebenarnya menarik,
tetapi tampilan yang terasa tidak nyaman membuat kita malas untuk berlama-lama
mengunjungi web atau blog tersebut. Ketidaknyamanan ini dapat bersumber dari
warna latar yang terlalu gelap atau terlalu mencolok, animasi yang mengganggu
konsentrasi membaca, atau gambar dan animasi yang terlalu banyak sehingga
proses pemuatan menjadi sangat lambat.
·
Sajikan informasi yang meyakinkan dan mudah
diakses.
·
Buatlah prosedur pemesanan produk yang semudah
mungkin bagi konsumen.
·
Sertakan daftar harga pada setiap produk atau jasa
yang Anda tawarkan.
1. Beriklan menggunakan banner
·
Tempatkan banner di tempat yang tepat, antara
lain sebagai berikut; media-media online ternama, situs jejaring sosial,
seperti Twitter dan Facebook, serta situs web-situs web yang banyak dikunjungi
oleh pengguna internet.
1. Kegiatan promosi melalui email
·
Perlakukan calon konsumen sebagai individu.
Kirimkan email yang bersifat personal. Satu email ditujukan untuk satu calon
konsumen, dengan menyapa nama orang per orang. Hindari mengirim email yang
ditujukan untuk banyak orang sekaligus.
·
Tindaklanjuti satu email promosi dengan email
berikutnya, hingga lima atau enam email. Email yang dikirim belakangan harus
memperjelas email yang dikirim lebih dahulu. Mengirim hanya satu email biasanya
tidak akan menghasilkan apa pun.
·
Jika tidak memungkinkan dilakukan secara manual,
promosi melalui email dapat dilakukan dengan menggunakan software
autoresponder.
1. Kegiatan promosi menggunakan mesin pencari.
·
Bekerja sama dengan jasa SEO untuk meningkatkan
peringkat web di mesin pencari.
1. Kegiatan promosi di jaringan sosial
·
Membuat akun di sejumah jaringan sosial.
·
Mencari teman sebanyak mungkin.
·
Melakukan komunikasi secara intens dengan
teman-teman di jaringan sosial.
·
Promosikan produk yang dijual dan bincangkan
dengan teman-teman di jaringan sosial.
1. Bergabung dengan situs-situs pengiklan
· Pilihlah cara beriklan yang berbayar (bukan iklan gratis).
Dengan membayar, iklan akan terus ditayangkan.
·
Mintalah komentar positif tentang produk Anda
dari para kolega Anda. Cara ini dapat menjadi salah satu jalan untuk meyakinkan
calon konsumen bahwa produk Anda memang berkualitas dan layak dibeli. Buktinya
adalah banyaknya pembeli lain yang memuji produk Anda. (bn/dari berbagai
sumber)
pustaka:
Kamis, 14 Maret 2013 09:57
Tidak ada komentar:
Posting Komentar