Dalam bukunya “How Will You Measure Your Life?”, Clayton Christensen menuliskan banyak poin yang penting yang bisa diambil untuk dipelajari dan dipraktikkan entrepreneur dalam kegiatan mereka sehari-hari. Di sini, Christensen memberikan pandangan-pandangannya mengenai kehidupan dari perspektif bisnis, tidak berkenaan dengan keuntungan atau kerugian, tetapi lebih pada idealisme, etika, integritas dan kejujuran mengenai diri pribadi, jati diri dan tujuan hidup. Buku ini mengajak Anda menjadi entrepreneur dengan tujuan yang bermakna besar.
Di bagian epilog, Profesor Christensen membicarakan mengenai keuntungan mendefinisikan sebuah tujuan bagi suatu keluarga dan bagaimana ini bisa diterapkan dalam lingkungan bisnis, baik yang masih startup maupun yang sudah mapan.
Berikut merupakan 3 unsur utama dari sebuah tujuan yang idealnya dimiliki oleh sebuah perusahaan:
Kemiripan: Para pemimpin kunci dan pegawai-pegawainya harus memiliki kemiripan dalam tujuan di benak mereka sehingga mereka pada akhirnya bertemu di satu titik tujuan yang sama walaupun sebenarnya berjalan dengan rute berbeda.
Komitmen: Saat kemiripan dalam pola pikir untuk mencapai tujuan yang sama itu tercapai, para pemimpin dan pegawainya akan mencapai tingkatan yang lebih dalam dari tujuan perusahaan.
Metrics: Dengan metrics atau tolok ukur kinerja, semua orang dalam perusahaan dapat mendefinisikan hasil yang dicapai dan menyempurnakan kinerja mereka selanjutnya.
Dengan ketiga unsur di atas dalam tujuan perusahan, para anggota tim bisnis dalam perusahaan akan mendapatkan kejelasan dan keselarasan yang pada gilirannya akan meningkatkan peluang untuk sukses. Tujuan perusahaan termasuk dalan hal-hal seperti misi, visi dan prinsip perusahaan untuk memberikan gambaran jelas dari sisi paling strategis dalam perusahaan.
Guru, tolong dong ,..........................:)
Ciputraenterprenurship, 20/Maret/2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar