Kamis, 13 Juni 2013

Perjuangan Santi Seorang Kenek Bus Metromini

Santi adalah seorang kenek bus Metromini S 62 Jurusan Manggarai –Pasarminggu.Setiap harinya Santi harus bangun pukul 4 pagi ,memasak air,memasak nasi ,mandi lalu berangkat ke pull bus Metromini .Santi tiba di pull sekitar pukul  5 pagi.Tanpa sempat sarapan Santi dan Bang Imam sang sopir Metromini berangkat dengan Metromininya menuju terminal Manggarai.

Bang Imam adalah tetangga Santi.Bang Imam menjadikan Santi sebagai kenek karena kasihan melihat Santi tidak bekerja.Santi baru berusia 15 tahun.Seharusnya Santi masih sekolah di tingkat SMA.Tetapi karena faktor biaya akhirnya Santi hanya bisa menikmati sekolahnya sampai tingkat SMP.Santi merasa bahwa dia bukanlah siswa yang pintar.Nilai Santi ketika lulus SMP memang kecil dan hanya bisa memenuhi syarat untuk lulus.

Bang Imam suatu hari membaca iklan Kejar Paket C di sebuah PKBM di daerah Pasar Minggu.PKBM itu letaknya dekat dengan rumah Santi.Bang Imam menyarankan Santi agar mendaftar di PKBM tersebut.Santi akhirnya mendaftar dan mengambil Kelas khusus Hari Minggu.
Setiap hari Minggu ,Santi minta izin untuk libur.Bang Imam mengizinkan.Akhirnya setiap Hari Minggu Santi mengikuti sekolah di Program Paket C .Selain mengikuti Program Paket C ternyata di PKBM tersebut ada program kursus komputer,menjahit ,tata rias rambut,tehnisi HP dan Kursus Bahasa Inggris.Santi  mengikuti kursus tata rias rambut.Untungnya jam belajar tata rias rambut dilaksanakan setelah jam belajar Program Kejar Paket C selesai.

Setelah 3 tahun mengikuti Program Kejar Paket C,Santi akhirnya bisa lulus.Selain lulus dari Program Paket C Santi juga menguasai keterampilan Tata Rias Wajah dan Bahasa Inggris.Santi akhirnya bisa bekerja di sebuah salon yang cukup terkenal.Ternyata Santi memendam hasrat untuk bisa kuliah.Setelah mendapatkan informasi,Santi akhirnya mendaftar di Jurusan Sastra Inggris Bidang Penerjemahan Universitas Terbuka.Santi sangat gembira akhirnya dia bisa kuliah.

Tetapi suatu hari Santi mendapat cobaan.Ketika hendak membeli sebuah netbook,Santi yang lugu akhirnya dihipnotis oleh sekelompok sales yang menjual laptop merek Jepang.Ternyata barangnya tidak pernah ada.Padahal Santi sudah membayar sebanyak 2,5 juta Rupiah.Santi hanya bisa pasrah menyadari kesalahannya.

Setelah beberapa bulan setelah ditipu,Santi membeli sebuah komputer bekas seharga 1,5 juta rupiah.Walaupun bekas,tetapi komputer itu masih bagus dan masih bisa dipakai.Komputer tesebut juga sudah bisa tersambung dengan koneksi internet.

Setelah 5 tahun kuliah di Universitas Terbuka,Santi akhirnya bisa lulus dan menyandang gelar Sarjana Sastra.Air mata haru keluar ketika Santi mengikuti wisuda di Kampus Universitas Terbuka.Ternyata walaupun bukan siswa yang pintar dengan kerja keras dan ketabahannya Santi bisa meraih gelar Sarjana Sastra.Sungguh perjuangan yang hebat .

pustaka:
http://fiksi.kompasiana.com/cerpen/2013/06/13/perjuangan-santi-seorang-kenek-bus-metromini-568651.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar