Kamis, 13 Juni 2013

Sales dengan Personal Branding yang Sempurna






Patricia Fripp :
It’s not your customer’s job to remember you.
It’s
Your
obligation
and responsibility
to make sure they don’t have the change to forget you.
(Bukan tugas pelanggan untuk mengingat kita. Ini adalah kewajiban dan tugas kita untuk memastikan mereka tidak memiliki perubahan untuk melupakan kita)

Menjadi seorang Sales merupakan tantangan yang menarik.
Pak James Gwee dalam bukunya Positive Bussiness Ideas, halaman 46 antara lain tertulis :
What will you do to constantly ;
- remind your costumer that you still exist.
- remind your custumer of your lastest contact number.
- remind your customer to come back and buy from you again.

Tugasnya adalah Mampu menCIPTAkan Personal Branding yang menarik dan selalu diingat customer.
Menjadi
Sales dengan
Personal Branding yang kuat
dimata customer mempunyai beberapa tantangan yang harus ditaklukan, yaitu :
- dinamika perdagangan semakin tinggi dan cepat, sehingga customer perlu konsentrasi yang tinggi pada bisnisnya.
  Contohnya :
Seandainya Kita melaksanakan kunjungan ke Costumer A setiap 2minggu sekali.
Waktu kunjungan hanya 1 jam.
Sedangkan Custumer A termasuk outlet yang favorite karena ramai pengunjung, omset dan pembayarannya bagus.
Jam kerjanya 12 jam.
Dalam 1 hari dikunjungi 150 pelanggan dan 10 sales.
Maka dalam 1 cycle kunjungan didapat data :
- 14 hari kerja
- 150 pembeli/hari
- 10 sales/hari

Total perhitungan :
14 X (150+10) = 2.240 pengunjung selama 2 minggu.
Bayangkan, kita hanya 1 diantara 2.240 pengunjung costumer tersebut.
Sangat kecil probabilitasnya untuk diingat oleh customer.

Ada beberapa trik jitu yang dapat membantu Customer untuk mengingat kita :
A. Saat Kunjungan pertama :
- bertukar kartu nama dengan santun.
Berikan pujian yang tulus pada elemen kartu nama yang menarik baik itu pada nama, gelar ataupun disainnya.
- minta no HP dan Pin BB.
Langsung add contact dan lakukan miss-call yang disertai pemberitahuan kepada custumer bahwa itu nomor kita.

B. Setelah Kunjungan.
-  Sesampainya dikantor, lakukan ucapan Terima-kasih atas waktu, kesempatan dan order yg diberikan kepada kita via SMS/BBM, disertai Nama dan perusahaan kita.
- selama rentang waktu 2minggu, rajin melakukan Greeting via Email, Telpun, SMS dan BBM kepada customer.

Catatan :
Optimalkan Sosial Media untuk melakukan personal media secara positif dan konstruktif.
Picture Profile dan Status BB. harus merupakan Citra Diri yang TRUSTworthy and RELIable.

Inti-sari :
- customer merupakan pribadi yang sibuk sehingga tidak punya waktu untuk mengingat jati diri kita.
- salah satu tugas kita sebagai sales adalah bagaimana membuat customer selalu mengingat Citra diri kita dan Perusahaan.
- Utamakan Etika Pergaulan dan memakai Sosial Media dengan baik mampu meningkatkan Personal Branding diri kita dimata customer.

Happy Selling
Best-regards
GM. Agung Nugroho

pustaka:
 http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2013/06/13/sales-dengan-personal-branding-yang-sempurna-564703.html
















pustaka:
http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2013/06/13/sales-dengan-personal-branding-yang-sempurna-564703.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar