Minggu, 16 Juni 2013

PEMASARAN (Marketing).Successful Market Innovation.. (1)


Inovasi Pasar


Allif Lam Mim. Kitab ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yg mau bertaqwa. (QS:2;1-2).
..................




Hidup. Tetap berjalan. Ditotalitas Lingkaran.
...........................
sepii



Axel Johne, menulis sebagai berikut:
Dalam menghadapi persaingan pasar, maka organisasi bisnis berubah secara cepat  seiring dengan perubahan teknologi. Dan harus membuat hal-hal baru dengan berinovasi. Jika tidak. Maka akan didahului para pesaing. Organisasi bisnis kadang lengah terhadap situasi tantangan persaingan dihadapinya. Terjadi peningkatan resiko ketika para pesaing bereaksi terhadap potensi tantangan melalui berbagai cara yg digunakan. Selanjutnya, hal ini menjadikanya hanya sebagai pemain industri tradisional dan  merasa nyaman dalam menghadapi resiko pada persaingan dari pemasok tradisional. Persaingan bebas lebih konvensional dan umum. Setelah industri stabil dan diatur, misalnya asuransi, beberapa tahun terakhir menjadi buyar oleh pemain baru seperti bank, perusahan pialang, pengecer, perusaahan telekomunikasi dan layanan komputer. Sejumlah pendatang baru di industri asuransi dan industri lainya tetap stabil melalui penggunaan inovasi pasar dengan pencapaian hasil yg mengejutkan. Inovasi pasar secara rinci dipertimbangkan sebagai dua jenis utama dari inovasi yg berkontribusi bagi pengembangan inovasi produk bisnis melalui proses inovasi.

...
Tulisan ini melihat tiga jenis inovasi yg berkontribusi dalam mengembangkan bisnis organik: inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi pasar. Dan penulis berpendapat bahwa Inovasi sebagai cara yg harus ditampilkan dalam menghadapi peningkatan keragaman pasar dan sebagai penguatan yg berfokus pada identifikasi peluang bisnis baru. Contoh dibidang jasa keuangan menggambarkan bagaimana keahlian inovasi pasar dalam aspek pelayanan menumbuhkan bisnis serta menjaganya dari serangan pesaing.




Pustaka
Axel Johne. Successful market innovation. European Journal of Innovation Management Volume 2 · Number 1 · 1999 · pp. 6–11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar