Ada banyak cara
untuk mempromosikan bisnis Anda. Untuk bisnis baru tak banyak pilihan yang bisa
dilakukan. Sebab, bisnis baru kebanyakan belum memiliki keuangan matang.
Hasilnya, anggaran untuk promosi cukup minim. Berikut beberapa langkah promosi
dengan biaya minim:
Facebook
Indonesia adalah salah satu pengguna aktif Facebook, pasti ada beberapa di antara mereka yang akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Cobalah kelola akun Facebook bisnis Anda dengan cara profesional yang tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Selain itu, Facebook juga menawarkan tempat beriklan dengan harga terjangkau.
Indonesia adalah salah satu pengguna aktif Facebook, pasti ada beberapa di antara mereka yang akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Cobalah kelola akun Facebook bisnis Anda dengan cara profesional yang tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Selain itu, Facebook juga menawarkan tempat beriklan dengan harga terjangkau.
Twitter
Salah satu media sosial lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah Twitter. Mulailah dengan mengajak teman-teman untuk follow akun Anda, lalu minta mereka memberi RT (re-tweet) pada setiap promosi yang Anda berikan. Pastikan pula Anda berkomitmen untuk selalu memberi update setiap hari, karena para follower Anda pasti selalu menginginkan kabar terbaru.
Salah satu media sosial lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah Twitter. Mulailah dengan mengajak teman-teman untuk follow akun Anda, lalu minta mereka memberi RT (re-tweet) pada setiap promosi yang Anda berikan. Pastikan pula Anda berkomitmen untuk selalu memberi update setiap hari, karena para follower Anda pasti selalu menginginkan kabar terbaru.
Situs online
Selain media
sosial, Anda juga bisa membuat situs sendiri, apakah itu berbentuk blog atau
membeli domain sendiri. Di zaman perkembangan teknologi seperti saat ini, semua
bisnis baru setidaknya harus memiliki website sendiri.
Gandeng media lokal
Ketika Anda
sudah siap untuk meluncurkan bisnis, cobalah dekati media atau pers, misalnya
majalah, surat kabar, atau media lokal lainnya. Jalin hubungan baik dengan
mereka atau ajak kerja sama berupa barter, agar produk Anda bisa dipromosikan.
Promosi dari mulut ke mulut
Ini merupakan
cara promosi paling ampuh, karena orang akan tertarik membeli barang ketika
mendapat rekomendasi dari orang terdekat. Pastikan Anda selalu memberi
pelayanan baik pada pelanggan dan minta mereka rekomendasikan produk Anda pada
orang lain. (as/dari berbagai sumber)
pustaka:
Jumat, 15 Maret 2013 08:55
Tidak ada komentar:
Posting Komentar