Jumat, 14 Juni 2013

diNAtunAkucintAku (10)


diNAtunAkucintAku








Aku membaca sebuah buku. Dan mungkin bermanfaat. Bagi jiwa yang selalu kurindukan. Dirindu liarku. Kugembalai. Seperti, kau ajarkan padaku. Didua dimensi kerinduan.. Kerinduanmu padaku, dan padamu. Kucatat untukmu, dan mereka yg membutuhkan. Disepi, menikamku.... Dan kukatakan pada sepii !. eh,heh,.takkena.takkena.takkena,...ii...
.............

Anne Bruce Menulis: 'Bangunlah Pekerja yang termotivasikan".:
.. 
..Ada sebuah pertanyaan maha sulit: Siapa yg ingin dipengaruhi dan diinspirasikan oleh Anda? Bila anda tidak mampu menjawab pertanyaan ini, anda tidak memiliki kapasitas untuk mengatur siapa pun. Sebagai seorang pembicara profesional dan instruktur perusahan, saya telah mengajukan pertanyaan ini kepada ribuan orang manajer dan pimpinan diseluruh Amerika, dan anda pasti kaget melihat betapa sulitnya pertanyaan ini bisa dijawab oleh manajer dan supervisor.

Inilah alasan mengapa "mampu menjawab pertanyaan ini" menjadi sedemikian penting. Manajer sesungguhnya tidak bisa melakukan sesuatu atau efektif dalam pekerjaan bila pekerja tidak dimotivasikan untuk bekerja dengan baik. Oleh karenanya, sebagai seorang  manajer atau supervisor, penting bagi anda untuk secara berkesinambungan mencari cara untuk mengikutsertakan pekerja dan membangkitkan semangat dan komitmen mereka pada organisasi dan tujuan-tujuanya.

 Kenyataanya, para pekerja dimotivasikan untuk melakukan apa yang menjadi ketertarikan mereka. Oleh karenanya, tujuan anda sebagai seorang manajer adalah membantu pekerja untuk mengukur kesejahteraan mereka berdasarkan kesejahteraan organisasi. Ketika ini terjadi, pekerja dengan sendirinya akan termotivasikan untuk bekerja keras, sebab hal itu sudah menjadi ketertarikan mereka.

Semua ini merupakan cara lain untuk menyatakan bahwa motivasi bersifat 'intrinsik'. Itulah yg mendorong kita untuk meraih tujuan-tujuan kita. Apa pun yang kita lakukan selalu menjadi alasan yg kita yakini bahwa apa yg kita lakukan akan mewujudkan tujuan atau keinginan pribadi di saat sekarang atau dimasa depan.

Renungkan. Kapan anda merasa sangat bersemangat atas pekerjaan anda? Bagi banyak orang, kegembiraan berasal dari keterlibatan kita dalam proyek-proyek yg dekat dan berharga bagi kita-proyek yg kita ambil secara pribadi, proyek yang kita yakini dapat secara nyata betul-betul menghasilkan, dan proyek yg memberi sesuatu bagi diri kita dan orang lain. Dengan membantu pekerja untuk mengenali dengan lebih dekat pekerjaan yg sedang mereka lakukan, anda akan mulai meraup hasil dari motivasi 'intrinsik' dalam bekerja.

Kapan terakhir kali anda berniat sungguh-sungguh untuk 'menghidupkan' organisasi? Anda manajernya, bukan? Bukankah itu pekerjaan anda? Ya, hanya saja motivasi dalam tren terkini membutuhkan tanggung-jawab seseorang. Sebagai seorang manajer, sudah menjadi tugas anda untuk membantu dibangunya sebuah 'organisasi yg memotivasika' sejati, yg akan membangkitkan inspirasi pekerja untuk melakukan tugasnya dengan baik setiap hari. Memahami bahwa peran yg anda mainkan sebagai seorang pemimpin dan manajer adalah hal terpenting. Ada tiga poin kunci untuk membantu dibangunya organisasi yg memotivasikan:

Ketahulilah alasan mengapa para pekerja ingin dimotivasikan oleh anda; Bila anda dapat menjawab pertanyaan penting ini, anda semakin dimampukan untuk mengatur pekerja agar menjalankan pekerjaan mereka secara lebih efektif dan mempengaruhi prilaku mereka agar bertindak dengan penuh semangat guna mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
Kenalilah bahwa motivasi sejati berasal dari dalam diri; Orang berbicara tentang motivasi baik 'intrinsik'' maupun 'ekstrinsik' . Tetapi yg baik adalah motivasi intrinsik, yg berasal dari dalam diri. Apa yg kita lihat sebagai motivasi ekstrinsik sesungguhnya hanyalah faktor eksternal, seperti insentif perusahaan, bonus, dan kenaikan gaji yg akhirnya mempengaruhi motivasi instrinsik kita.

Arahkan peran pekerja ke sesuatu yg penting dan berarti; Hal ini menuntut manajer untuk menginspirasikan pekerja untuk melakukan yg terbaik, mengambil resiko, untuk berfikir seperti pengusaha, dan untuk melepaskan kekuatan yg sinergi dan tidak terbatas.
......

pustaka:
Annne Bruce, How to motivate every emplloyee, BIP kelompok Gramedia@2003.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar