Jumat, 01 Maret 2013

iwan fals, anisa, retno dan aku




Gratisan Musik
Iwan Fals:
Bagi aku,..
Iwan Fals adalah pencipta lagu-lagu terkait dengan kompleksitas kehidupan di alam semesta.
Ia adalah salah satu pemikir, sekaligus guru kehidupan yg banyak memberi inspirasi bagiku, sebagai warga negara republik Indonesia.. 

Desa adalah kehidupanku, tempat tinggal ayah dan bundaku. Oleh sebab itu, :

Desa harus jadi kekuatan ekonomi
Agar warganya tak hijrah ke kota
Sepinya desa adalah modal utama
Untuk bekerja dan mengembangkan diri

Walau lahan sudah menjadi milik kota
Bukan berarti desa lemah tak berdaya
Desa adalah kekuatan sejati
Negara harus berpihak pada para petani

Entah bagaimana caranya
Desalah masa depan kita
Keyakinan ini datang begitu saja
Karena aku tak mau celaka

Desa adalah kenyataan
Kota adalah pertumbuhan
Desa dan kota tak terpisahkan
Tapi desa harus diutamakan

Di lumbung kita menabung
Datang paceklik kita tak bingung
Masa panen masa berpesta
Itulah harapan kita semua

Tapi tengkulak tengkulak bergentayangan
Tapi lintah darat pun bergentayangan
Untuk apa punya pemerintah
Kalau hidup terus terusan susah

Di lumbung kita menabung
Datang paceklik kita tak bingung
Masa panen masa berpesta
Itulah harapan kita semua

Desa harus jadi kekuatan ekonomi
Agar warganya tak hijrah ke kota
Sepinya desa adalah modal utama
Untuk bekerja dan mengembangkan diri.

Bagiku..
lirik ini melatih daya pikirku untuk belajar melihat fenomena yang terjadi, mencari formula/konsep kerangka berfikir yang aku anggap relevan dengan lirik lagu ini,  dan menemukan solusi ideal yang aku anggap baik untuku..

Anisa dan Retno
Anisa dan Retno adalah dua sahabatku yang tinggal dikota. Mereka berdua setiap saat, pagi, siang dan malam berdiskusi di alam imajinerku. Mereka adalah pelaku usaha  pada sektor jasa dan UKM yang ada diwilayah republik Indonesia.. 

Bagi aku.,.
Mereka berdua cantik dan memiliki kecerdasan.
kecerdasan spritual,
kecerdasan intelektual, 
kecerdasan emosional,
dan kecerdasan sosial yg perlu aku teladani.

kesimpulan
Iwan fals merupakan pemikir dan pemberi inspirasi, sekaligus guru bagiku.
Anisa dan retno adalah dua sahabatku yang bermukim di kota.
aku ialah seorang anak yang lahir di desa.
di wilayah republik Indonesia.

aku
dididik dan dibesarkan ayah dan bunda.
ibundaku guru = pendidik
ayahku polisi = pemberi rasa aman = pemberi stabilitas. 

di darahku mengalir darah pendidik dan pemberi rasa aman.
di otaku, terdapat mazab kapitalis, sosialis, marksis, komunis.. dll
di hatiku,...tak perlu kutuliskan sebab itu hanya Tuhan yang tahu..

yang terpenting bagiku,
sebagai warga negara, aku harus bayar pajak, taat pada aturan desa tempat tinggalku, dan menyayangi saudara saudaraku, tetangga-tetanggaku, yang ku anggap guru pemberi pengetahuan padaku. Baik yg ada didesaku maupun dikota di wilayah negaraku, republik Indonesia.

siang ini aku menikmati hidupku,..
tersedia kopi, 
makanan siang dari warung ibu kosku, 
catatan dan konsep ide-ide lirik lagu iwan fals, 
senyum, dua sahabatku yang cantik, anisa dan retno,.

dalam ..
dimensi KOTA dan DESAku...
dimensi imajiner dikamarku..
diruang hati dan rinduku, 
ayah dan bundaku, 
guru dan guru-guruku, 
dan, dua sahabtku anisa dan retno....


@2013 akumerekadanpemborontakanimajinasirinduku.




 

  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar