Rabu, 20 Maret 2013

Pelaut Bertutur


Judul Tulisan: Penyebab Meroketnya Harga Bawang (Analisis Warung Kopi)
Kategori: Opini Ekonomi/Agrobisnis (Isu-Isu Aktual)
Penulis: Kuncoro Toro
Sumber: Kompasiana, 20/Maret/2013



Sambil menikmati kopi hangat di warung kopi terjadilah pembahasan mengenai mengapa harga bawang meroket dan baru terjadi kali ini dalam sepanjang sejarah.

Harga Bawang Meroket bersama dengan harga daging sapi, hingga di atas batas kewajaran mengingat Indonesia sebagai negara agraris.
Wagino : Mas Tole, kamu tahu ndak mengapa harga bawang meroket?
Tole : Ah, ini mah permainan para kapitalis itu mas?
Wagino : Aku sih ndak ngerti begituan mas tole, yg aku tahu dan aku lewat brebes banyak bawang menumpuk dipinggir jalan yg siap untuk dibawa ke Jakarta.
Tole : Aku terangin yaa...
1. Harga di sebuah Pulau A harga bawang murah, maka dilakukan pembelian besar-besaran oleh para kapitilis pemilik modal, lalu bawangnya di bawa ke Pulau B.
2. Akibatnya Harga bawang di Pulau A melesat tinggi kemudian harga bawang di Pulau B dikirim lagi ke Pulau A dengan nama Impor.
3. Maka si kapitalis itu akan mendapatkan untung yang besar dengan tingginya harga bawang, nah pengirimannya ke kembali pulau A secara perlahan agar harga bawang tetap tinggi dan harga yang tinggi ini akan dipertahankan demi keuntung si kapitalis.
Wagino : Oh begitu yaak, pantas aja katanya banyak peti kemas berisi bawang tertahan di sebuah pelabuhan, itu mungkin bawang dari brebes kali yaak yang dikirim ke luar lalu dikirim lagi ke brebes dengan harga tinggi.
Tole : Ah ndak taulah mas, oke mas wagina kopiku sudah habis sekarang aku mau nyambut gawe dulu yoo, besok kita lanjutkan............
 ...............................................................ok kawan...................................................
Wagina balik kanan menuju DERMAGA,
demi CINTA yg meRINDUkan CINTAnya  .............
..................................................................ii.......................................

Itulah percapakan si wagino dan si tole tentang kenaikan harga bawang (Analis Warung Kopi).
.................................................iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii..........................



@2013ekonomidesanisanasiputih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar