Kamis, 07 Maret 2013

4 Tips Pola Makan Sehat nan Hemat untuk Entrepreneur Super Sibuk





Entrepreneur adalah orang-orang yang begitu sibuk. Mereka harus bekerja lebih keras dan lebih cerdas dibandingkan pekerja biasa. Begitu sibuknya mereka hingga bahkan kesehatan yang menjadi aset penting pun terlupakan. Kesehatan menjadi begitu penting tatkala mereka menyadari bahwa kinerjanya dalam membangun dan menjalankan bisnis tersendat saat jatuh sakit. Karena itulah, sedari dini pencegahan gangguan kesehatan itu penting.

Salah satu aspek penting kesehatan ialah disiplin untuk menjaga pola makan yang bersahabat untuk tubuh. Entrepreneur sering makan tanpa banyak pertimbangan dan hanya menuruti keinginan. Sebagian lain malah berusaha menghemat pengeluaran termasuk anggaran makan untuk dapat menyisihkan uang demi menjalankan bisnisnya. Ketidakteraturan pola makan ini pada gilirannya menjadi pemicu bencana kesehatan, yang tidak hanya berdampak pada diri si entrepreneur tetapi juga keberlangsungan bisnisnya.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan sebagai entrepreneur untuk bisa terus sehat dan bekerja seproduktif  mungkin tanpa harus menghabiskan banyak biaya? Berikut jawabannya.

Persiapkan sendiri
Mempersiap makanan dari rumah membuat Anda tidak tergiur untuk makan di luar, yang bisa jadi lebih mahal atau kurang higienis. Dengan mempersiapkan makanan di rumah dan membawanya ke tempat kerja, Anda akan lebih dapat berkonsentrasi dalam pekerjaan. Jika Anda suka lembur, bawalah dua porsi makanan untuk makan siang dan malam.

Tak lupa untuk selalu melakukan rotasi jenis makanan yang Anda konsumsi. Ini untuk mencegah kebosanan. Belilah, misalnya, salad segar dan sandwich lalu simpan dalam wadah kedap udara. Berganti-gantilah bahan makanan seperti mencoba jenis-jenis sayuran dan buah yang berbeda setiap minggunya. Denga begitu, godaan untuk menyantap makanan siap saji akan dapat ditekan.

Kendalikan porsi makan
Makanlah jauh dari meja kerja, karena jika Anda berada tetap di meja kerja, pikiran Anda akan terpaku pada pekerjaan. Dan besar kemungkinan Anda tidak menyadari besar porsi yang Anda makan karena pikiran Anda tidak terpusat pada makanan yang Anda santap. Sisihkan waktu 10-15 menit untuk ke meja atau ruangan lain khusus untuk makan. Terlebih lagi jika Anda bermasalah dengan berat badan, mengendalikan porsi adalah tindakan bijak.

Beli dalam jumlah banyak
Saat Anda menyiapkan makanan beberapa saat sebelumnya, Anda harus memanfaatkan harga yang lebih murah jika membeli lebih banyak. Rata-rata bahan makanan segar terhitung lebih murah saat dibeli dalam jumlah lebih banyak. Dan pastikan bahan makanan ini bisa bertahan dalam jangka waktu relatif lama, seperti kacang-kacangan kering, quinoa, sereal, pasta dan sebagainya. Dengan menyimpan di freezer, daging ayam, sapi dan sayuran segar akan bertahan lebih lama. Namun demikian, jangan sampai terlalu lama menimbun bahan makanan untuk menghindari kerusakan bahan makanan yang akan menimbulkan dampak kesehatan. Konsumsilah secepatnya.

Beli porsi besar, makan dua kali
Makan siang dan makan malam biasanya menjadi ajang entrepreneur berjejaring dengan kolega dan mitra. Dan biasanya harga makanan ini lebih mahal dari masakan rumah. Siasatilah dengan memesan makanan dalam porsi yang lebih besar (yang biasanya selisihnya cukup tipis) dan memakannya di waktu makan berikutnya. (*AP).



@2013catatanku



Sumber:
www.ciputraentreneurship.rabu/09/01/2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar