Gratisan Musik
KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
Pengertian Manajemen. Ulasan terakhir sebelumnya, membawa kita kepada peran dari manajemen. Manajemen menurut Mary Parker Follet (1997), adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain. Management id the an of getting things done through people.
Apa yang harus diselesaikan?
Segala sesuatu yang perlu dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan tertentu. Tujuan tersebut sangat beragam, tergantung dari jenis sebuah organisasi. Apabila kita ambil contoh organisasi bisnis, maka diantara tujuan organisasi bisnis adalah meraih profit. Nah, hal-hal yang harus dilakukan oleh organisasi dalam rangka meraih profit adalah sesuatu yang harus diselesaikan. Kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan oleh sebuah organisasi bisnis diantaranya adalah kegiatan produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, hingga pengelolaan keuangan yang mungkin dimiliki oleh organisasi bisnis tersebut. Semua kegiatan-kegiatan tersebut perlu diselesaikan karena pada praktiknya akann menunjang kepada pencapaian tujuan dari organisasi bisnis, yaitu pencapaian profit.
...
Lalu.., mengapa proses penyelesainya harus bersama atau melalui orang lain !
Karena pada praktiknya, selain pengertian organisasi adalah sekumpulan orang-orang, pekerjaan untuk menyelesaikan sesuatu itu, bukan sesuatu yang mudah/gampang, terlebih jika apa yang harus diselesaikan banyak sekali, dan tidak dapat diseslesaikan oleh satu orang.
...
Lalu.., bagaimana cara penyelesaianya !
Proses penyelesaian akan sesuatu memerlukan tahapan-tahapan. Jangankan organisasi, untuk meyelesaikan makan saja, kita memerllukan tahpan-tahapan dari mulai menuangkan makanan ke piring, memakanya, mengunyahnya, menelannya, hingga proses berkali-kali yg berulang dan seterusnya hingga makanan dipiring habis dan perut kita terasa kenyang. Bagi sebuah organisasi bisnis, tahapan-tahapan tersebut bisa berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengawasan dan pengendalian. Berdasarkan tahapan-tahapan ini, maka dikenal pula pengertian lain dari manajemen : Nickels, Mc-Hugh and Mc-Hugh (1997) the process used to accomplish organizational goals through planning, organizing, directing, and controlling people and other organizational resources. Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainya.
Berdasarkan pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen pada dasarnya merupakan seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. Dalam penyelesaian akan sesuatu tersebut, terdapat tiga faktor yang terlihat:
1. Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainya. Atau yg menurut Griffin, sumber daya tersebut meliputi: sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi.
2. Adanaya proses yang bertahap, dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan.
3. Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan.
Bersambung...,
Berdasarkan pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen pada dasarnya merupakan seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. Dalam penyelesaian akan sesuatu tersebut, terdapat tiga faktor yang terlihat:
1. Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainya. Atau yg menurut Griffin, sumber daya tersebut meliputi: sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi.
2. Adanaya proses yang bertahap, dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan.
3. Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan.
Bersambung...,
pustaka:
Erni T dan Kurniawan S, (2009), Pengantar Manajemen, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar