Rabu, 07 Agustus 2013

AL-Qur'an dan Terjemahanya. Edisi Ilmu Pengetahuan (24)



SURAH AL-BAQARAH (34-39) 



34. Dan (ingatlah) ketika kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam!” Maka mereka pun sujud kecuali Iblis.16 Ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan yang kafir.
35. Dan Kami berfirman, “Wahai Adam! Tinggallah engkau dan istrimu di dalam surga, dan makanlah dengan nikmat (berbagai makanan) yang ada di sana sesukamu. (Tetapi) janganlah kamu dekati pohon ini,17 nanti kamu termasuk orang-orang yang zalim”!18
36. Lalu setan memperdayakan keduanya dari surga19 sehingga keduanya dikeluarkan dari surga19  sehingga keduanya dikeluarkan dari (segala kenikmatan) ketika keduanya di sana (surga). Dan Kami berfirman, “Turunlah Kamu! Sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain. Dan bagi kamu ada tempat tinggal dan kesenangan di bumi sampai waktu ditentukan.”
37. Kemudian Adam menerima beberapa kalimat20 dari Tuhannya, lalu Dia pun menerima tobatnya. Sungguh, Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang.
38. Kami berfirman, “Turunlah kamu semua dari surga! Kemudian jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa mengikuti petunjuk-Ku tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.”
39.Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghubi neraka. Mereka kekal di dalamnya.

.......
16 Iblis termasuk kelompok jin dan termasuk yang diperintah untuk sujud.
17 Menurut setan, siapa yang memakan buah pohon itu, akan kekal di dalam surga, (lihat QS Tahȃ [20]:120).
18 Zalim artinya aniaya. Orang yang zalim ialah orang yang melakukan perbuatan aniaya, yang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.
19 Nabi Adam a.s, dan Hawa memakann buah pohon yang dilarang itu, yang mengakibatkan mereka diusir Allah dari surga dan diturunkan ke Dunia.
20 Kalimat itu menurut sebagian mufasir adalah ucapan untuk memohon ampunan (tobat).

.......
Pustaka:
Sofyan Abdul Rosyid (2011).Al-Qur'an dan Terjemahanya. Edisi Ilmu Pengetahuan PT Mizan Publishing House. Bandung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar