Jumat, 09 Agustus 2013

Pengantar Manajemen (12)

Manajer Sebagai Pelaksana Manajemen
Peran Manajer Dalam Organisasi. Sebagaimana halnya kita telah sering mendengar kata manajemen, maka kita pun tidak asing lagi dengan kata “manajer”. Manajer pada dasarnya adalah subjek dari kegiatan manajemen. Artinya, manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen. Lebih lengkap lagi manajer adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi.

Dalam setiap organisasi bisnis, para manajer ini bertugas untuk memastikan bahwa keseluruhan tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi dapat diwujudkan melalui rangkaian kegiatan manajemen, baik yang bersifat fungsional maupun bersifat operasional, sebagaimana telah diuraikan pada bab sebelumnya.

Bagaimana dengan organisasi selain organisasi bisnis? Sama saja. Hanya penggunaan istilahnya saja sering kali dibedakan agar dapat dibedakan dengan organisasi bisnis pada umumnya yang terbiasa dengan penggunaan istilah manajer. Di organisasi lain, kadangkala peran manajer ini dijalankan oleh seorang ketua, wakil ketua, ataupun ketua bagian, ketua departemen, dan lain sebagainya. Disebuah negara, maka peran ini dapat direpresentasikan oleh presiden, wakil presiden, atau para menteri misalnya. Pada intinya, tugas manajer – atau istilah apa pun sebagai padananya – adalah untuk memastikan mewujudkan agar tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien melalui serangkaian kegiatan manajemen secara fungsional maupun operasional.

.......
Pustaka:
Ernie dan Kurniawan (2009), Pengantar Manajemen, Kencana Perdana Media Group, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar