Jumat, 02 Agustus 2013

AL-Qur'an dan Terjemahanya. Edisi Ilmu Pengetahuan (17)

SURAH AL-BAQARAH 


 

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

1.      Alif Lȃm Mim:4
2.      Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa,5
3.   (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan salat, dan menginfakkan6  sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka,
4.      dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang diturunkan sebelum engkau,7 dan mereka yakin akan adanya akhirat.
5.   Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

 .......
4 Beberapa surah dibuka dengan huruf abjad seperti Alif Lȃm Mim, Alif Lam Rȃ, dan lain-lain. Makna huruf-huruf itu hanya Allah yang tahu. Ada yang berpendapat bahwa huruf-huruf itu adalah nama surah, dan ada pula yang berpendapat bahwa gunanya untuk menarik perhatian, atau untuk mengisyaratkan bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf tersebut.
5 Takwa, yaitu mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya
6 Pengertian menginfakkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah, dan lain-lain.
7 Yang diturunkan kepada nabi-nabi  sebelum Nabi Muhammad Saw, ialah Taurat, Zabur, Injil, dan suhuf-suhuf (lembaran-lembaran) yang tidak seperti Kitab.

......
Pustaka:
Sofyan Abdul Rosyid (2011).Al-Qur'an dan Terjemahanya. Edisi Ilmu Pengetahuan PT Mizan Publishing House. Bandung 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar