Saya baru mendirikan usaha ikan lele. Ada beberapa yang saya mau tanyakan.
1. Bagaimana cara promosi ikan lele yang saya jual?
2. Cara strategi pemasaran apa kalau produk yang dijualnya ikan lele?
3. Bagaimana agar membuat daya tarik. Terima kasih.
1. Bagaimana cara promosi ikan lele yang saya jual?
2. Cara strategi pemasaran apa kalau produk yang dijualnya ikan lele?
3. Bagaimana agar membuat daya tarik. Terima kasih.
Oleh:
Agung Winata Praja
praja2222@yahoo.com
Komplek Pondok Bahar
Jawab:
Mas Agung,
Sebelum berpromosi atau memiliki strategi pemasaran, beberapa hal yang perlu dipersiapkan lebih dahulu adalah:
Pertama, perlu dipikirkan apa yang menjadi keunggulan/keunikan lele Bapak, misalnya ukurannya produk lele, harga jual lebih murah, pengantaran tepat waktu, dan sebagainya.
Kedua, situasi pasar atau pesaing yang ada di pasar, apakah pasar dikuasai oleh tengkulak besar, perusahaan besar, koperasi, atau usaha perorangan dan bagaimana tingkat kualitas atau harga jual produk mereka.
Ketiga, harapan konsumen terhadap produk lele secara umum, misalkan ukuran lele, harga jual, penghantaran produk, promosi yang diharapkan, dan lain-lain.
Maka strategi promosi atau pemasaran yang cocok dengan bisnis Mas Agung adalah:
1. Pilih konsumen Anda (misal penjual lele di pasar, restoran-restoran, hotel-hotel yang kecil dulu dan tawarkan secara langsung produk anda kepada mereka. Ceritakan kelebihan produk atau layanan Anda.
2. Karena usaha Anda relatif baru, mulailah dengan menawarkan harga yang lebih murah dibanding pesaing-pesaing yang ada.
3. Jika usaha sudah berjalan, tak salahnya memberikan merek pada usaha lele Anda dan membuat materi promosi seperti brosur atau kartu nama, dengan menonjolkan kelebihan-kelebihan produk atau layanan lele Anda.
Selamat mencoba ya!
Fredy Soetioso
Tim Arrbey Consultant (//ade)
Agung Winata Praja
praja2222@yahoo.com
Komplek Pondok Bahar
Jawab:
Mas Agung,
Sebelum berpromosi atau memiliki strategi pemasaran, beberapa hal yang perlu dipersiapkan lebih dahulu adalah:
Pertama, perlu dipikirkan apa yang menjadi keunggulan/keunikan lele Bapak, misalnya ukurannya produk lele, harga jual lebih murah, pengantaran tepat waktu, dan sebagainya.
Kedua, situasi pasar atau pesaing yang ada di pasar, apakah pasar dikuasai oleh tengkulak besar, perusahaan besar, koperasi, atau usaha perorangan dan bagaimana tingkat kualitas atau harga jual produk mereka.
Ketiga, harapan konsumen terhadap produk lele secara umum, misalkan ukuran lele, harga jual, penghantaran produk, promosi yang diharapkan, dan lain-lain.
Maka strategi promosi atau pemasaran yang cocok dengan bisnis Mas Agung adalah:
1. Pilih konsumen Anda (misal penjual lele di pasar, restoran-restoran, hotel-hotel yang kecil dulu dan tawarkan secara langsung produk anda kepada mereka. Ceritakan kelebihan produk atau layanan Anda.
2. Karena usaha Anda relatif baru, mulailah dengan menawarkan harga yang lebih murah dibanding pesaing-pesaing yang ada.
3. Jika usaha sudah berjalan, tak salahnya memberikan merek pada usaha lele Anda dan membuat materi promosi seperti brosur atau kartu nama, dengan menonjolkan kelebihan-kelebihan produk atau layanan lele Anda.
Selamat mencoba ya!
Fredy Soetioso
Tim Arrbey Consultant (//ade)
Berita Selengkapnya Klik di Sini
pustaka:
http://economy.okezone.com/read/2011/10/13/219/514845/cara-promosi-yang-efektif-dan-efisien
pustaka:
http://economy.okezone.com/read/2011/10/13/219/514845/cara-promosi-yang-efektif-dan-efisien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar