Rabu, 09 Juli 2014

Memahami Human Capital



Memahami Human Capital

Bontis dkk (1999) menyatakan bahwa human Capital disebut juga dengan human resource, merupakan faktor; mencakup intelegensi, keterampilan, dan keahlian manusia yang memberikan karakter khas dalam organisasi. Artinya faktor manusia yang membentuk organisasi secara keseluruhan, sehingga ia merupakan asset bagi organisasi. Penggantian istilah SDM dengan istilah human capital oleh sejumlah organisasi adalah karena pada akhir-akhir ini muncul kesan bahwa keberadaan SDM di organisasi hanya menghabiskan dana perusahaan serta memperbesar biaya perusahaan.

Oleh sebab itu, perusahaan sering melupakan segala manfaat kegiatan yang dilakukan oleh bagian SDM. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena aktivitas SDM tidak langsung berhubungan dengan perolehan penjualan atau keuntungan perusahaan, maupun pencapaian efektivitas produksi. Contoh: kegiatan pelatihan yang diadakan oleh perusahaan, khususnya untuk pelatihan manajemen dan kepemimpinan. Sukar dilihat dampak dan manfaatnya pada perolehan keuntungan.

Pada konsep human capital, organisasi memberlakukan orang bukan sebagai faktor biaya melainkan asset (harta). Artinya, organisasi menganggap setiap biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan SDM adalah Investasi, yang pada akhirnya biaya-biaya tersebut akan memberikann hasil pada organisasi. Untuk itu, SDM perlu dijaga dan dipelihara sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar