Kamis, 04 April 2013

Nis, aku merenung..





Judul Tulisan: Merenung Bisa Tingkatkan Kasih Sayang Lho
Kategori: Opini (Psikologi/ Kesehatan)
@catatanrinduuntuknisamemasukimalamditimurIndonesia





MERENUNG (meditation) tidak hanya membuat perasaan lebih baik, namun juga bisa membuat menjadi pribadi ramah ke semua orang. Benarkah itu?

Jawabannya benar, sebagaimana hasil penelitian terbaru Northeastern University dan Harvard University yang dipublikasikan dalam Journal Psychological Science. Penelitian itu menjelaskan bahwaseorang yang melakukan perenungan bisa meningkatkan kasih sayang dan perilaku untuk membantu orang lain.

Selama studi berlangsung, peneliti menguji perilaku relawan pada sesama saat menjalani sesi perenungan. Pelatihan ini sendiri dijalankan  selama delapan pekan dengan mereka menjalani beberapa jenis perenungan. Selanjutnya, perilaku mereka pun diuji dengan contoh kasus, di mana mereka dinilai apakah mau membantu orang lain. Dalam hal ini, mereka dihadapkan pada orangtua (yang berpura-pura) kesakitan, tongkatnya terjatuh  saat dia sedang duduk di kursi.

Kemudian dalam hasil penelitian tersebut, ditemukan sekira 15 persen yang tidak melakukan perenungan hanya menaruh tongkat ke tangan orangtua tersebut. Demikian seperti dilansir Hoffington Post.

"Hal yang benar-benar mengejutkan dari temuan ini adalah aktivitas merenung membuat orang meningkatkan kasih saying, seperti membantu orang yang sedang sakit, mau menolong orang walaupun norma masyarakat tidak ada yang melakukannya," kata David DeSteno, seorang ilmuwan psikologi di Universitas Northeastern.

Selanjutnya, hasil kesimpulan penelitian itu menjelaskan alasan kenapa merenung bisa meningkatkan rasa kasih sayang. Menurutnya, hal ini karena orang yang melakukan perenungan, akan membuka kepekaan emosi dan otak mereka. Biasanya orang yang melakukan perenungan saat dihadapkan peristiwa orang yang mendapatkan musibah. Dia akan langsung membayangkan bagaimana hal itu terjadi padanya, sehingga kalau melihat seorang terkena masalah, mereka pun berusaha membantu sebisanya.

@^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^@i@^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^@


@dimatakuadakamudimatahatikuadaibu@



Tidak ada komentar:

Posting Komentar