Rabu, 03 April 2013

SenimuSenikuSenikita




Gratisan Musik





Judul Tulisan: Seni dalam Mengontrol Karyawan
Kategori: Opini Ekonomi Manajemen (Prilaku Organisasi/MSDM)
Penulis: Nur Hudda Elhasani
Sumber: Kompasiana, 07/Maret/2013
@Catatanmalam


 @?@

Gaya kepemimpinan dari seorang manajer bisa jadi akan berdampak baik bagi lingkungan kerja, atau malah bisa menjadi lingkungan kerja menjadi kacau. Karyawan biasanya akan mengambil keuntungan dari manajer baik hati yang takut untuk mengambil risiko terhadap kebijaksanaan yang menyangkut anak buahnya.

Keinginan perusahaan biasanya cenderung untuk memerangi tantangan yang beragam dan unik, perusahaan lebih suka menangani satu masalah yang tetap/konstan dan lazim di seluruh level organisasi. Masalah yang cenderung seragam akan memudahkan seorang manajer dalam mengevaluasi dan memberikan solusi kebijakan terhadap karyawannya. Namun dalam realita masalah perusahaan tidaklah konstan tetapi selalu dinamis, karena mengelola manusia memang berbeda dengan mengelola mesin yang cenderung sama permasalahannya. Dengan sedikit perubahan dan beberapa reevaluasi taktik, siapa saja yang bertanggung jawab atas karyawan dapat belajar bagaimana mengendalikan situasi.

Hampir semua tempat kerja biasanya akan mendapati karyawan yang berkinerja baik dan karyawan yang berkinerja buruk. Dan sebagai seorang pemimpin dikatakan akan menjadi pemimpin besar selama dia mampu menjadikan karyawan yang buruk dapat menjadi karyawan berkinerja baik. PHK memang bukan ide yang jelek, namun hanya merupakan solusi terakhir seandainya perbaikan kinerja tadi sudah tidak mungkin dilakukan lagi.

Memang tidak semua penilaian karyawan hanya didasarkan dari kinerja saja, selain itu misalnya loyalitas terhadap visi misi perusahaan serta perilaku karyawan juga akan berpengaruh terhadap penilaian kepada karyawan yang bersangkutan.

Beberapa langkah seperti berikut ini mungkin dapat dilakukan oleh seorang manajer untuk membantu mengontrol karyawannya:

·         Menegaskan kembali hubungan Anda bekerja. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus membangun kembali urutan kekuasaan di tempat kerja. Karyawan akan mengerti hirarki kepemimpinan dalam struktur organisasi perusahaan, dan karyawan juga akan paham jika Anda menegakkan aturan. Membiarkan karyawan tahu di mana mereka berdiri akan membantu membujuk beberapa dari mereka untuk kembali ke dalam aturan perusahaan tanpa melakukan sesuatu yang drastis.

·         Lakukan evaluasi kejutan. Karyawan sering tahu kapan evaluasi kinerja mereka yang akan datang dan cenderung menjaga citra ketika waktu mendekati jadual evaluasi. Melakukan evaluasi kejutan tanpa pengetahuan mereka akan memberi mereka gambaran yang realistis dari apa yang mereka lakukan ketika mereka tertangkap basah. Selain itu membandingkan perilaku pada saat mereka tidak pada tugas dengan saat ketika bertugas juga akan membantu memberikan tambahan data untuk penilaian. Biarkan karyawan untuk melihat bukti statistik dari pekerjaan yang telah dilakukan. Selain itu biarkan karyawan yang bersangkutan melihat hasil penilaian dan berikan kesempatan untuk menanggapi terhadap hasil penilaian tersebut. Anda perlu juga menyampaikan beberapa hal yang mungkin perlu perbaikan atau peningkatan di waktu yang akan datang.
·         Memberikan insentif. Kreativitas mengharuskan adanya proses kerjasama. Biasanya ada pencetus ide dan yang lain sepakat kemudian mereka bahu membahu mewujudkannya. Anda bisa memberikan insentif untuk ide terbaik dari kelompok-kelompok kerja tersebut. Ini akan meningkatkan semangat untuk berkolaborasi.

·         Pisahkan karyawan yang membuat masalah. Tentu saja hal ini tidak berarti untuk menempatkan mereka di sudut ruang dan membuat mereka memakai topi badut seperti anak-anak, tetapi dalam hal ini hanya menyesuaikan tempat duduk di tempat kerja yang seharusnya.  
Masalah karyawan bisa datang dalam berbagai bentuk, seperti teman-teman yang berbicara terlalu banyak di meja kerja orang lain dan mungkin mengganggu kerja orang lain. Memisahkan kedua faksi dapat menurunkan semangat mereka sedikit, tetapi jika mereka sadar akan segera melihat nilai positif bahwa kinerja mereka telah meningkat sejak berpisah.

·         Menindaklanjuti aturan Anda. Pastikan bahwa Anda tidak terus-menerus membuat pengecualian bagi siapa pun. Melanggar peraturan sekali mungkin kecelakaan, tapi kemudian beberapa terapi perbaikan sedikit harus dikeluarkan bersama dengan peringatan lisan. Dalam pelanggaran kedua, Anda harus mengambil pendekatan yang lebih serius. Membuat pengecualian akan menunjukkan pilih kasih kepada orang lain dan menyebabkan gangguan stabilitas bahkan lebih di antara karyawan.

·         Memotivasi karyawan Anda untuk mendapatkan hasil akhir yang positif. Misalnya, berikan masukan atas ide baru: Menghasilkan ide dan solusi baru selalu membutuhkan tenaga, pikiran dan waktu, karenanya pastikan bahwa jerih payah karyawan Anda dihargai. Berikan masukan positif dan saran yang membangun.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^i^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^



 @!@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar