Jumat, 19 April 2013

SDM dan SDA untuk Pembangunan, Bagaimana dengan Indonesia?




Bebicara masalah pembangunan erat kaitannya dengan Sumber Daya Manusia (SDM) ataupun Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh suatu negara. Bagaimana dengan Indonesia?
Indonesia dikenal dengan negara agrikultural dan memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Indonesia juga memeliki potensi alam dan flora & fauna yang jarang ditemukan di negara lain. Yang jadi pertanyaan saya seberapa maksimalkah penggunaan Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia untuk pembangunan?

Indonesia yang memiliki populasi masayarakat tinggi ini masih belum maksimal dalam memanfaatkan SDA yang ada hal ini tentu ada kaitannya dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilki Indonesia itu sendiri. Human capital (modal manusia) sangat deperlukan untuk membangun suatu negara. Yang termasuk human capital diantaranya pendidikan dan kesehatan warga negara. Nah, pendidikan Indonesia masih juga ketinggalan dibandingkan negara-negara maju. Memang negara kita negara sedang berkembang, tetapi kita jangan hanya bertahan sampai disini. Indonesia perlu mempunyai target menjadi negara maju dengan memanfaatkan Sumber daya yang ada.

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indoensia masih juga rendah. Tetapi hal ini bisa diubah, asal pemerintah dan masyarakat optimis terhadap hal ini. Kasiankan kita mempunyai kekayaan alam berlimpah, alam yang indah, flora & fauna yang banyak, dan ragam seni budaya dan adat. Tetapi tak bisa dimanfaatkan secara maksimal akibat potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah.

Begitu juga dengan kesehatan warga negara yang masih banyak sakit-sakitan. Pelayanan kesehatan yang baik hanya dirasakan segelintir orang dinegeri ini, sedangkan yang miskin menangis dengan air mata dan darah akibat sakit yang dideritanya. Bagaimana mau maju negara ini kalau rakyatnya sakit-sakitan?

Lihat negara tetangga kita, Malaysia yang sudah menjadikan negaranya sebagai medical tourism (parawisata medis). Mereka menambah devisa negara melalui rumah sakit berstandar Internasional. Dan perlu kita ketahui Rumah sakit disana juga didominasi oleh pasien asal Indonesia.

Melalui tulisan ini saya mengharapkan pemerintah lebih fokus dalam peninggatan human capital untuk pembangunan Indonesia . Mutu pendidikan dan kualitas pelayan kesehatan diutamakan.
pustaka:
http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2013/04/18/sdm-untuk-sda-bagaimana-dengan-indonesia-552569.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar