Selasa, 19 Agustus 2014

Gubernur : Daerah Masih Latah Bangun Pertanian



Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan pemerintah kabupaten/kota cenderung masih latah dalam membangun pertanian di daerahnya tanpa memikirkan keunggulan lokal masing-masing.

"Kelatahan kita, kalau di daerah sana kakaonya berhasil, semua tanaman pangan diubah jadi kakao. Begitu kena penyakit semua, akhirnya semuanya gagal," kata Longki di Palu, Rabu.

Dia mengatakan saat dirinya menjadi Bupati Parigi Moutong beberapa waktu lalu, banyak petani yang mengalihkan fungsi lahannya menjadi perkebunan kakao karena melihat di daerah lain sukses.

"Suatu ketika, penyakit datang. Semua rusak. Akhirnya haji-haji yang sudah 10 kali naik haji menangis semua begitu diserang hama," kata Longki.

Longki mengatakan selaku kepala daerah dirinya tidak meminta semua komoditas harus dimajukan di masing-masing kabupaten/kota, akan tetapi ada komoditas unggulan yang harus dimajukan.

"Tidak perlu semua kita hidupkan pada akhirnya nanti tidak ada yang berhasil," katanya.

Dia mencontohkan, daerah penghasil beras di Sulawesi Tengah hanya lima kabupaten, yakni Donggala, Sigi, Banggai, Parigi Moutong, dan Morowali. Kelima daerah itulah yang mestinya menjadi prioritas utama pembangunan sawah. Di daerah lain yang tidak cocok, tidak perlu berambisi.

"Hormat saya buat bupati mari kita alokasikan anggaran yang besar untuk bidang ini. Sehingga hasilnya bisa meningkat. Bukan berarti kita abaikan sektor lain," katanya.

Begitu halnya subsektor peternakan. Kabupaten Sigi dan Poso yang cocok untuk peternakan, maka Kota Palu tidak perlu memaksanakan diri untuk membangun sektor peternakan.

"Jangan semua kabupaten minta sapi ramai-ramai. Kalau daerahnya tidak pas untuk peternakan jangan dipaksakan. Supaya hasilnya betul-betul bisa kelihatan," katanya.

Longki mengatakan, hal itu sudah sering disampaikan ke bupati/wali kota terutama pada saat rapat kerja gubernur dan bupati.

Ia berharap pertanian di daerah ini bisa lebih maju dengan fokus pada komoditas unggulan. (
sumber berita: antarasulteng.com Rabu, 20 Maret 2013 18:34 WIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar