Rabu, 30 Januari 2013

KONDISI SDM INDONESIA DALAM MENGHADAPAI PERSAINGAN GLOBAL

Salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di negara maju dan berkembang yaitu human resources management. Di samping itu juga sumber daya manusia merupakan salah satu faktor kunci dalam reformasi ekonomi, yakni untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki skill serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global yang selama ini kita abaikan. 
Setidaknya ada dua hal penting yang menyangkut dengan kondisi SDM Indonesia yaitu pertama, adanya ketimpangan antara jumlah kesempatan kerja dengan angkatan kerja, dan kedua yaitu tingkat pendidikan angkatan kerja Indonesia relatif masih rendah, di mana masih di dominasi oleh pendidikan dasar. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa adanya kelangkaan kesempatan kerja dan rendahnya kualitas angkatan kerja secara nasional diberbagai bidang kehidupan, sehingga Masalah SDM inilah yang menyebabkan proses pembangunan yang berjalan selama ini kurang didukung oleh produktivitas tenga kerja yang memadai. Itulah sebabnya pembangunan selama 32 tahun hanya berasal dari sumber daya alam intensif dan arus modal asing bukan berasal dari kemampuan manajerial dan produktivitas SDM yang tinggi. 
Kondisi ekonomi di era abad-21, yang ditandai dengan globalisasi ekonomi, dan globaliasi yang dihadapi oleh bangsa Indonesia menuntut adanya efisiensi dan daya saing dalam dunia usaha. Perwujudan globalsiasi ekonomi tersebut terwujud dalam produksi, pembiayaan, tenaga kerja, jaringan informasi, dan perdagangan. Realitas globalisasi tersebut membawa sejumlah implikasi bagi pengembangan SDM di Indonesia. Salah satu tuntutan globalisasi adalah daya saing ekonomi. Dan daya saing ekonomi akan terwujud bila di dukung oleh SDM yang handal.  Pendidikan diperlukan sebagai upaya menciptakan SDM berkualitas dan andal sebab dianggap sebagai mekanisme kelembagaan pokok dalam mengembangkan keahlian dan pengetahuan. Oleh sebab itu dimensi daya saing SDM dalam SDM menjadi faktor penting dalam upaya memacu kualitas SDM melalui pendidikan merupakan tuntutan yang harus dikedepankan dalam menghadapi persaingan global. 
sumber:
Blog/Masharyono/18/01/2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar