Rabu, 21 November 2012

Analisa Pasar, Aktifitas yang Menjemukan Sekaligus Menyenangkan




Gratisan Musik

Bagi rekan-rekan pelaku bisnis, maka saya yakin tyidak akan lepas dari yang namanya Analisa Pasar, setidaknya itulah yang saya lakukan.  Baik itu bisnis online maupun offline. Analisa pasar adalah aktifitas menganalisa, memantau pasar barang yang sedang kita jual dan juga memantau pasaran barang yang akan kita jual (ini definisi menurut saya).  Mengapa perlu melakukan analisa pasar? Menurut saya analisa pasar perlu dilakukan agar kita bisa mengambil keputusan yang tepat kapan kita mulai terjun ke pasar, bagaimana menentukan harga, bagaimana kita berpromosi, barang apa yang akan kita jual, dan bisa mengetahui seberapa lama barang yang kita jual akan diminati dan dicari pasar.

Dalam menganalisa pasar tentu saja setiap orang memiliki gaya tersendiri. Ya begitu juga dengan saya. Karena saya menjual sparepart komputer dan printer, maka yang saya analisa adalah pasaran sparepart komputer.  Analisa yang saya lakukan adalah seberapa banyak orang menjual barang yang sama seperti barang yang saya jual, berapa harga jual mereka, apakah lebih mahal atau lebih murah. Kalau lebih murah maka saya harus mencari tahu kenapa lebih murah. atau misalnya sangat murah maka bukan hal yang tidak mungkin saya akan memborong barang yang dijualnya (sudah pernah saya lakukan hehe). Namun jika harga barang yang dijual lebih mahal, setidaknya saya diatas angin hehe.

Jika kita ingin bereksperimen menjual barang model lain, maka kita harus menganalisa barang apa yang lagi ngetren dan diminati pasar. Nah yang inipun kita perlu pilah-pilah. Ada barang diminati pasar namun sudah banyak beredar di pasaran dan ada barang yang sangat diminati pasar namun sedikit beredar di pasaran. Nah peluang terbesar kita adalah pada model yang kedua, barang diminati pasar namun sangat sedikit yang beredar di pasaran.  Setelah itu pastikan bahwa kita mampu untuk menyuplau baraang tersebut pada pasar.  Jika belum mampu, setidaknya bisa menjadi referensi kedepannya barang apa yang bisa dijual dan laku dipasaran.

Saya biasanya melakukan analisa pasar pada malam hari. Kenapa?  Karena bagi saya malam hari adalah waktu yang tepat  dan lebih tenang. Dengan suasana tenang saya bisa lebih fokus berfikir dalam menentukan keputusan. Sehingga keputusan bisa lebih tepat dan akurat.

Bagi sebagian pelaku bisnis mungkin analisa pasar adalah aktifitas yang menjemukan, termasuk bagi saya.  Namun dibalik rasa jemu itu ada rasa gembira yang sangat karena pada saat keputusan kita tepat, maka kita akan senang karena secara otomatis profit yang kita dapat memuaskan.

Jadi, walaupun analisa pasar itu sedikit menjemukan, apalagi dilakukan malm-malam karena harus melawan kantuk juga, laksanakanlah dengan tekun dan ikhlas, karena dengan keikhlasan maka hasilnya akan sangat memuaskan.
Demikian sedikit pengalaman dari saya semoga bermanfaat.
selamat berbisnis. salam sukses.

sumber:
http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2012/11/19/analisa-pasar-aktifitas-yang-menjemukan-sekaligus-menyenangkan-510152.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar