Kamis, 31 Oktober 2013

Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi (20)


Struktur Lingkungan
Evaluasi Proses Analisis Lingkungan. Kegiatan analisis lingkungan biasanya digunakan untuk membantu organisasi mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Biasanya, berdasarkan mutu analisis lingkungan yang dilakukan, beberapa analisis lingkungan lebih bersifat peralatan daripada sebagai penolong untuk mencapai tujuan organisasi yang bersangkutan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi pihak manajemen untuk mengevaluasi proses analisis lingkungan seperti mengevaluasi kegiatan lain.

Berikut beberapa karakteristik penting dari analisis lingkungan yang layak diterapkan agar berhasil, yaitu:
1.      Berkaitan secara konseptual dan praktik dengan operasi perencanaan pada saat ini. Gunanya adalah untuk memastikan bahwa melalui integrasi visi analisis lingkungan dengan proses perencanaan, organisasi memiliki arah yang tepat di masa mendatang. Salah satu metode yang biasa dilakukan untuk mencapai integrasi utama ini adalah melibatkan perencana kunci (key planners) organisasi dalam beberapa fase analisis lingkungan.
2.      Mampu memberikan tanggapan terhadap kebutuhan informasi manajer puncak dalam organisasi. Dengan demikian, para analis ini harus dapt memahami dan memenuhi kebutuhan tersebut serta menyadari bahwa informasi yang diberikan mungkin berubah dan perubahan tersebut harus mampu disesuaikan dengan analisis lingkungan itu sendiri.
3.      Didukung manajemen tingkat atas secara terus-menerus. Apabila analisis lingkungan diharapkan memberikan hasil yang baik, upaya ini tidak boleh lepas dari dukungan dan dorongan manajemen tingkat atas.
4.      Dilaksanakan oleh analis lingkungan yang mengerti keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ahli strategi. Analisis lingkungan harus menitikberatkan pada pengidentifikasian kesempatan dan ancaman yang ada atau yang bersifat potensial. Strategi harus menginterpretasikan hasil analisis lingkungan dalam upaya memperoleh pemahaman mendalam atas operasi perusahaan.

Jika analisis lingkungan sudah dilakukan, perumusan diharapkan mampu mendapatkan gambaran yang utuh tentang kondisinya. Oleh karena itu, langkah selanjutnya dalam proses manajemen strategi adalah bagaiamana perusahaan menentukan dan menetapkan arah yang diinginkannya berdasarkan keadaan tersebut.

.......
Pustaka:
Musa Hubeis dan Mukhamad Najib (2008), Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi, PT Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar