Informasi
dan ilmu pengetahuan merupakan suatu aset berharga bagi suatu
perusahaan dalam menjalankan bisnisnya pada perkembangan teknologi saat
ini. Perkembangan teknologi juga membantu perusahaan dalam menjalin
hubungan baik serta membangun loyalitas pelanggan. Kehadiran internet
sangat membantu infomasi dan ilmu pengetahuan tersebar sehingga dapat
dimanfaatkan bagi para penggunanya. Berdasarkan data statistik
perkembangan dunia internet saat ini, khususnya di Indonesia semakin
marak. Internet sebagai media komunikasi dan informasi memberikan
kemudahan dalam menyebarkan dan menerima informasi secara cepat dengan
jangkauan yang luas. Dengan tetap terjalin komunikasi yang baik maka
keinginan dan harapan dari konsumen dapat didengar dan dipelajari oleh
perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
Pelanggan
menjadi sangat penting bagi kunci suatu kesuksesan perusahaan karena
walaupun ada begitu banyak modal yang dimiliki oleh suatu perusahaan,
katakanlah seperti tenaga kerja ahli yang terampil, investasi yang
besar, peralatan dan perlengkapan yang canggih, produk yang berkualitas,
dan lain sebagainya, namun apabila tidak ada hubungan yang baik dengan
pelanggan, maka lama-kelamaan perusahaan akan gulung tikar juga. Karena
seperti yang kita ketahui banyak muncul istilah yang mengatakan bahwa
“pelanggan adalah raja”, yang dimaksudkan bahwa pelanggan harus dilayani
dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tuntutan dan permintaan yang
diinginkannya. Namun permasalahannya adalah tidak semua perusahaan dapat
menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan karena banyaknya
keterbatasan yang dimiliki oleh perusahaan untuk memberikan pelayanan
yang memuaskan kepada para pelanggannya.
Dari
bahasan sebelumnya dapat diketahui bahwa perkembangan teknologi yang
meningkat serta pemenuhan perusahaan dalam melakukan pemasaran dan
membina hubungan baik dengan pelanggan, dapat diwujudkan dalam suatu
sistem yang mengatur hubungan dengan pelanggan yaitu penggunaan CRM atau
Customer Relationship Management. Dengan CRM ini dapat
digunakan untuk mempelajari lebih jauh mengenai kebutuhan dan perilaku
pelanggan dalam rangka mengembangkan suatu hubungan yang lebih erat
dengan pelanggan. CRM menjanjikan biaya-biaya yang lebih rendah, laba
yang lebih besar, koordinasi yang lebih mudah, layanan lebih cepat, dan
kepuasan serta kesetiaan pelanggan yang lebih tinggi. Penggunaan CRM
kemudian ditingkatkan menjadi lebih efektif dengan dukungan internet
menjadi Electronic CRM yang dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan
internet saat ini. Electronic CRM ini menggunakan internet dengan
membuat website yang dapat diakses oleh pelanggan dari berbagai waktu
dan tempat guna meningkatkan kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan dan
keunggulan kompetitif dari perusahaan dimana akan dibangun pengetahuan
mengenai pelanggan yang bersifat individual, secara tidak langsung
menstimulasikan strategi marketing dari perusahaan. Disamping itu dengan
Electronic CRM ini diharapkan dapat mendukung bahkan menggantikan
tenaga customer service perusahaan dalam melayani pelanggan baik dalam
memberikan informasi maupun menjadi sarana penyampaian saran dan kritk
pelanggan kepada perusahaan yang berbasiskan website (nuri cahyono).
http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2013/06/10/gebrakan-baru-strategi-marketing-berbasis-it-untuk-costumer-563673.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar