Tantangan MSDM Menurut Dave Ulrich
- Globalisasi. Globalisasi
mendominasi horizon kompetitas. Konsep ini tidak baru lagi, namun terdapat
tantangan hebat untuk memasukinya.
- Value Chain bagi kompetitas bisnis dan layanan SDM.Hal yang konsisten
untuk masa depan yang kompetitif adalah membangun dan menjalankan organisasi
yang akan lebih merespon konsumen. Sikap responsive mencakup inovasi,
pengambilan keputusan yang cepat, memberi harga atau nilai pada industri, dan
secara efektif menghubungkan suppler dan vendor untuk membangun value chain bagi konsumen.
- Keuntungan melalui
biaya dan pertumbuhan. Perusahaan yang tidak
kompetitif jika diukur dengan keuntungan, yang tidak mempunyai posisi monopoli
yang dipertahankan akan mengalami kegagalan. Keuntungan harus berasal dari
beberapa kombinasi peningkatan pendapatan dan penurunan biaya.
- Fokus Kapabilitas. Kapabilitas adalah DNA
dari kompetitas. Kapabilitas adalah hal yang selalu dilakukan organisasi secara
lebih baik dari pada dilakukan competitor.
- Perubahaan. Manajer, karyawan dan
organisasi harus belajar untuk berubah dengan lebih cepat dan lebih
menyenangkan. Profesionalitas SDM perlu membantu organisasi untuk berubah.
- Teknologi. Teknologi telah
membuat dunia menjadi lebih kecil, lebih dekat dan lebih cepat. Inovasi
teknologi terjadi lebih cepat daripada yang lebih dapat kita kontrol.
Penggunaan teknologi personal juga telah mengubah aliran dan penggunaan
informasi.
- Menarik,
mempertahankan dan mengukur kompetensi dan capital intelektual. Dalam lingkungan
bisnis yang global, terus berubah, dan tuntutan teknologi, menghasilkan dan
mempertahankan orang berbakat menjadi hal yang kompetitif. Organisasi di masa
depan akan bersaing secara agresif untuk orang yang paling berbakat. Perusahaan
yang sukses akan menjadi yang paling ahli dalam menarik, mempertahankan,
mengembangkan dan mempertahankan individu dengan keahlian, perspektif dan
pengalaman yang memadai untuk menjalankan bisnis global.
- Perubahaan haluan
bukanlah transformasi. Transformasi mengubah image bisnis secara fundamental.
Transformasi berfokus pada penciptaan andil pemikiran melebihi andil pasar.
Transformasi memberikan hasil saat konsumen dan karyawan berubah dari image perusahaan yang berbeda secara
fundamental menjadi persoalan yang sama.
Sumber: dari berbagai
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar